Satria Mwb

Coretan Tanpa Makna

Wednesday, 15 May 2019

,


Gosip apapun bentuknya sudah pasti punya kesan negatif. Dan cuma karena gosip bisa menjadi bencana, Bahkan ada pula pembunuhan yang dilatari hanya karena gosip. Dalam kehilangan kehidupan sehari-hari gosip dapat kita temukan dimana-mana baik dari media elektronik, Lingkungan sekitar, Bahkan lingkungan dimana tempat kita bekerja.

Naah! Katanya seorang wanita lebih cendrung menggosip ketimbang Pria?. Benar atau tidaknya yaa semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Karena ada juga sekelompok pria yang juga hobi ngegosip.


Bicara soal gosip percaya atau tidak menurut penelitian gosip mempunya banyak manfaat. Anda penasaran berikut ulasan dibawah ini.

Bergosip, atau membicarakan orang lain memang tergolong kegiatan negatif. Kendati demikian, hampir setiap orang pasti pernah bergosip.

Riset juga menemukan rata-rata manusia dalam sehari menghabiskan 52 menit untuk membicarakan seseorang yang tidak ada di dekatnya.

Terlepas dari asumsi gosip hanyalah sekadar omong kosong, penelitian juga menemukan tak selamanya gosip bersifat negatif.

Bahkan, periset mengklaim bergosip juga bermanfaat karena dapat menguatkan ikatan sosial dengan orang lain. Riset telah diterbitkan dalam the journal Social Psychological and Personality Science dan dilakukan oleh peneliti dari University of California.

"Kami menemukan sebagian besar gosip adalah netral," kata Megan Robbins, pemimpin riset dan psikolog di University of California.

Dalam riset ini, peneliti menganalisis rekaman percakapan dari orang-orang yang telah setuju untuk memakai alat perekam portabel selama 2-5 hari.

File suara diberi kode valensi (positif, negatif atau netral), subjek (kenalan dan selebritas) dan topik (informasi sosial, penampilan fisik dan prestasi).

Setiap peserta juga diminta mengisi kuesioner kepribadian. Dari hasil analisis data terungkap, secara keseluruhan topik percakapan dalam gosip cenderung netral.

Periset juga menemukan wanita lebih banyak bergosip daripada pria. Namun, dalam para wanita lebih banyak berbagi informasi positif tentang orang yang mereka bicarakan saat bergosip.

Dr Elena Martinescu, peneliti postdoctoral di King's College London yang telah mempelajari gosip di tempat kerja menemukan, gosip dapat bermanfaat. Bahkan, kata dia, manfaat tetap ada jika pun percakapan dalam gosip itu bersifat negatif.


"Mengumpulkan informasi tentang orang lain membantu kita memahami mereka dengan lebih baik," kata dia.

Menurut Martinescu, secara umum gosip membantu kita mempelajari apa yang diharapkan untuk menjadi anggota kelompok yang baik. Selain itu juga apa yang mungkin terjadi jika kita melanggar norma sosial.

Gosip juga merupakan bentuk ikatan sosial, karena hal itu dapat membantu kita menemukan orang lain yang akan berbagi pendapat, dan dapat menawarkan dukungan sosial.

"Berbicara tentang konflik yang Anda miliki dengan seorang rekan - Anda dapat menemukan sekutu dalam mitra percakapan Anda," tambah dia.

Martinescu juga mengatakan, gosip juga dapat memfasilitasi debat yang sehat dan pertukaran pendapat.

Selain itu, gosip juga memengaruhi apa yang dipikirkan mitra percakapan kita tentang orang orang yang kita gosipkan. Ini adalah hal yang bersifat membantu.

“Dengan membagikan informasi negatif tentang seseorang, kami dapat membantu mitra percakapan kami memutuskan bagaimana berinteraksi dengan target gosip kami,” ucap dia.

Martinescu juga menyebut ada beberapa hal buruk yang ditimbulkan karena bergosip. Misalnya, ketika topik gosip itu hanyalah kebohongan hanya untuk menyemarakkan pembicaraan dalam gosip tersebut, atau sengaja menyakiti orang yang menjadi targetnya.



Apa pun itu, Martinescu mengatakan bergosip telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Bahkah, cenderung tak mungkin seseorang menjalani hari tanpa pernah mengalami atau terlibat dalam gosip.

Martinescu mengatakan, hal terpenting adalah memperhatikan bagaimana kita bergosip dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi orang lain. Hal tersebut khususnya terkait target yang dijadikan topik dalam bergosip.

Nah bagaimana dengan anda yang suka ngegosip atau bahkan mempunyai julukan raja atau ratu gosip banggakah?, Atau anda yang paling benci dengan gosip apapun bentuknya. Baik semua itu bagaimana anda yang menilai baik atau pun buruknya tentang Gosip. Selagi bermanfaat dengan ngegosip sebaiknya tidak larut berjam-jam untuk membahasnya. Karena apapun itu tetap punya sisi negatifnya. Terlebih sekarang ini bulan Ramadhan. Jangan hanya karna hal Gosip menggosip puasa kita sia-sia.



Sumber : Lifestyle.kompas.com


~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~


Sunday, 21 April 2019

,


Cerita kenangan saya kali ini adalah tentang ponsel jadul era tahun 2000,an sampai 2003. Yaa seperti gambar diatas ada dua ponsel jadul yang pernah populer dizamannya kalah itu...Ingat gambar ponselnya yaa yang jadul, Bukan photo orangnya...😱😱 Kalau orangnya tetap cool dan sangat-sangat menggairahkan terlebih bila sering dipandang bisa jatuh cinta nantinya..😱😱😂😂😂 Huuueeeekkss!!...😂😂



Dua ponsel jadul tersebut pada era tahun setelah saya lulus kuliah banyak memberi kesan manis dan juga pahit. Baik bagi kehidupan keseharian saya, maupun kehidupan asmara.😱😱

Meski dulu harga ponsel tersebut pernah mencapai harga 1 juta lebih, bahkan brand mereknya pun sempat menjadi primadona kala itu. Dan mungkin bukan saya saja yang tentunya mengalami. Anda sendiri pun saya yakin pastinya punya kenangan menarik tentang ponsel jadul, Meski dari segi merek atau type yang berbeda.

Naah seperti apa kenangan saya dengan duan merek ponsel jadul tersebut berikut cerita dibawah ini.

Setelah lulus kuliah, Tetapi ada beberapa tugas skripsi yang belum kelar tidak membuat saya patah arang. Intinya tetap berusaha.😄😄 Meski begitu saya pribadi sudah mempunyai pekerjaan, Meski dengan gaji minim apapun itu harus tetap disyukuri.

Dimalam minggu yang cerah pukul 7.00 malam, Sambil bersantai dengan mengutak-atik ponsel nokia 3350 saya. Tiba-tiba deru suara mobil berhenti didepan rumah saya. Tak ada pikiran siapa yang datang saya tetap fokus main game yang ada pada ponsel Nokia 3350 saya, Bisa kemungkinan tetangga rumah sedang ingin keluar rumah atau ingin memasukan mobilnya kegarasinya.

Hingga sebuah suara lantang mengagetkan saya, Akan tetapi saya tidak asing dengan suara tersebut.

Itu suara Terry sahabat saya, meski kami berdua berbeda kampus. Tetapi pernah satu kost bersama waktu kuliah dulu.

"Wooyy!!...Malem minggu nih brooo!!..Ente seperti tidak bergairah keluarlah jangan dirumah saja mending luuh ikut gw sekarang"...Seru Terry.

Dengan sedikit malas saya pun mencoba untuk bangkit dari kursi goyang kesukaan saya......"Luuhh!! sendiri Ter.....

"Makanya jangan fokus ke ponsel saja huuffss!!, Tuh lihat didepan...Seru Terry sambil cemberut.

Saya pun mengarahkan pandangan kedepan, Dan benar saja ada dua sahabat saya lagi masih didalam mobil sambil menunggu. Belum sempat saya berkata keduanya sudah langsung berbicara lantang.

"Kelaamaan luuh!, Dah kaya sinden cepat ganti baju yang rapi, Sudah jam berapa ini keburu malam wooyy!!".....Seru Anggy dan Roby yang memang sahabat saya juga.

Lantas saya pun segera berkemas-kemas meski terkesan terbru-buru tetapi tidak ada barang yang luput tertinggal dari kamar saya untuk saya bawa pergi...Dan setelah pamit dengan kedua orang tua untuk pergi dan menginap akhirnya saya dan ketiga sahabat saya itu sudah meluncur dijalan Raya kota Depok.

Kami pun ngobrol ngalor-ngidul dalam mobil..."Kemana nih kita"....Tanya saya sambil mengunyak snack dan sesekali meminum cocacolla..

"Rencananya kita mau kepuncak, Cuma kerumah gw dulu Sat.....Soalnya saudara gw Anton dan Clara mau ikut juga"...Jawab Anggy.

"Ok deh. Tetapi apa benar siAnton sudah jadian sama Clara, Gw sudah jarang kebogor lagi semenjak lulus kuliah"...Seru saya.

"Hampir tiga bulan mereka sudah berhubungan, Rencana mau buka usaha tetapi masih dalam proses"....Jawab Roby sampul fokus dengan kemudi mobilnya.

Saya pun tertawa....."Haahaaaa!!..Sahabat gw sudah punya pasangan masing-masing, Tinggal gw dan si Terry yang masih menganga bah sapi ompong"... Terry pun nampak cemberut..."Luuhh! berdua mungkin perlu diruwat 7 hari tujuh malam baru mungkin dapat gebetan haahaaa!!" .....Seru Roby dan Anggy sambil membelokan arah mobilnya ke taman Yasmin bogor dan terus memasuki komplek.

Akhirnya saya pun sampai dirumah sahabat saya Anggy dan Roby, Sepasang suami istri yang hobi jalan-jalan serta berjiwa Travelling. Disana pula saya bertemu Anton dan Clara yang sudah menunggu kehadiran kami sejak sore tadi. Setelah istirahat sejenak kami pun akhirnya kembali melanjutkan perjalan menuju kawasan puncak.

Seiring waktu yang terus berjalan serta malam yang kian merambat naik kami ber 6 orang menikmati indahnya malam dikawasan puncak bogor. Selain menyewa Villa dan bakar-bakar ayam serta bermain musik.

Meski jomblo pada saat itu saya tetap tersenyum menikmati malam yang terus menuju pagi..Kawasan puncak pun semakin ramai bahkan banyak pasangan muda-mudi yang sedang bergandengan tangan serta bermesra-mesra,an...Termasuk sahabat saya Anggy dan Roby serta Anton dan Clara.....Sedangkan Saya dan Terry tak ubahnya seperti kambing congek yang resah serta merasa cemburu melihat para muda-mudi saling bermesraan. Tetapi hanya bisa pasrah dengan keadaan Kasihan amat Tooongg!!..😂😂😂😂😭😭

Namun kegundahan hati saya ternyata dirasakan oleh Anton serta Clara. Ia pun mencoba menghibur saya dan akhirnya berkata bahwa ia punya saudara wanita yang jomblo. Ia pun menawarkan kepada saya.

"Serius luuh Toon!...Mau mencombalangi gw dengan saudara luuh!!"....Jawab saya senang.

"Iyaalah masaa kami bohong"....Seru Clara menimpali.

Bagai ketimbang rezeki nomplok saya pun senang dan merasa gembira...Hingga acara kami dipuncak pun selesai sejak saat itu saya sering bermain kerumah Anton dan Clara masih dikawasan kota bogor. Dan yang lebih membuat saya senang ternyata wanita yang akan dikenalkan kepada saya bertempat dikota depok. Hari yang dinanti pun tiba, Pada minggu pagi Anton dan Clara sudah berada dirumah saya. Dan karena ingin mempunyai pacar baru saya pun langsung memaksa Anton serta Clara untuk segera menuju kerumah saudaranya.

Hanya membutuhkan satu jam perjalanan kami bertiga akhirnya sampai ketempat yang dituju. Anton pun mengenalkan saudara perempuannya kepada saya. Namanya Indah Septia Ningsih. Meski sedikit malu akhirnya saya dan Indah bisa salin mengobrol meski ada rasa canggung. Dan sejak itu Indah pun resmi menjadi pacar saya...Bahkan saya pun sering menganjak Indah untuk bermain kerumah saya serta berkenalan dengan keluarga dirumah. Indah pun sangat senang. Bah Rama dan Shinta kami pun saling mengikat janji. Dan salin percaya bahkan Indah pun mengajak tukaran Ponselnya dengan ponsel saya.

Ciieeee!!😂😂. Saya pun memegang ponsel indah Nokia 2300, Sedangkan Indah memegang ponsel saya Nokia 3350...Ciiieeee!!! Preeetts!! Kami pun Salin Setia.😱😱



NAMUN SEMUA ITU HANYA MANIS DIAWAL SAJA SELEBIHNYA MALAPETAKA PUN TIBA


Suatu sore sangat saya sedang santai dirumah tiba-tiba ponsel saya pun berbunyi. Berharap Indah yang menelponku. Ternyata Anton.

"Halloo!..Ada apa ton tumben luh telpon gw"...Seru saya.

"Sat gw minta tolong dong sama luuh!, Hutang gw sama bank banyak nih. Tolong bantu gw dong pinjamkan uang sama Indah sekitar 5 juta, Butuh banget nih"...Ungkap Anton.

"Lhoo! kenapa luh nggak ngomong langsung saja sama Indah Ton, ...Tanya saya bingung.

"Maksud gw begini Sat, Bilang ke Indah kalau luuh! butuh uang banyak, Kalau sudah dikasih sama Indah luh serahkan uang itu ke gw. Pasti bakalan gw ganti, Cuma luh bilang uang itu buat keperluan luh saja Sat.? Pliss bantu gw percaya deh sama gw kapan sih gw pernah kecewain luhh!"....Ungkap Anton memelas.

"Ok deh Ton tunggu kabar dari gw selanjutnya yaa"....Ucap saya hingga telepon pun berakhir.

Meski sedikit bimbang dan ada keraguan akhirnya saya pun mau tidak mau melakukannya dan mencoba merayu Indah pacar saya agar memberikan pinjaman uang 5 juta. Yang sebenarnya bukan untuk saya tetapi untuk Anton yang masih saudaranya.

Indah pun percaya dengan saya tanpa keraguan ia pun memberikan uang yang saya minta. Dan kami berdua tetap menjalin asmara. Akan tetapi beberapa bulan kemudian Anton pun kembali menelpon saya. Dan meminta saya kembali untuk meminjam uang kepada Indah dengan nominal yang lebih besar dari yang sebelumnya. Bukan itu saja Anton pun menyuruh saya untuk meminjam mobil Indah untuk keperluannya sehari-hari.

"Gillaa!! luh yaa Ton, Atau luh sudah tidak waras lagi".... Seru saya dengan berang.

"Aduuhh!! Satria, Hidup luh penuh kebimbangan yaa!!...Takut gw nggak ganti ok sekarang begini saja malam minggu nanti luh ajak Indah main kerumah gw saja. Tapi loe nggak usah bawa mobil kerumahnya, Kalau bisa loe pake mobil dia buat kerumah gw. Dan masalah pinjaman uang biar gw yang bicarakan nanti dengan Indah yang terpenting luh ketempat gw saja sama Indah Ok"....

Setelah menutup telepon dari Anton saya pribadi merasa emosi sendiri dan bingung. Bodohnya lagi saya menganggap remeh masalah seperti ini. Hingga malam minggu itu tiba saya pun kerumah Indah tanpa membawa kendaraan dengan alasan mobil rusak dan belum punya uang bengkel. Indah pun ingin meminjamkannya kembali, Karena bingung akhirnya saya menolak pinjaman itu. Lalu saya berkata langsung kepada Indah bahwa Anton ingin meminjam mobilnya. Ternyata Indah tidak keberatan akhirnya kami berdua sepakat kebogor hanya untuk mengasih mobil ke Anton. Selebihnya saya dan Indah pulang naik taksi. Meski serasa romantis tetapi saya mulai jengkel sebenarnya terhadap Anton yang selalu memanfaat kan saya demi mendapat uang dari Indah.

Seiring waktu yang terus berlalu, Singkat cerita sore itu setelah saya selesai bekerja dan ingin bersiap-siap pulang Indah pun menelpon ke Saya dengan nada marah seolah-olah saya merasa sudah mengecewahkannya....Karena Indah menelpon secara mendadak saya merasa bingung aneh dan panik. Karena tanpa alasan yang jelas ia menuduh saya memanfaatkan serta mempermainkan dirinya.

"Satriiiaa!!! Tega banget kamu yaa memanfaatkan diriku ini hanya untuk kesenanganmu saja. Dan selama ini tenyata bukan Cinta yang aku dapat...Ingat Satria aku paling tidak suka dipermainkan seperti ini cepaatt!!.. Kembalikan mobil serta uang yang pernah kau pinjam dariku...Ingat aku masih kasih kamu waktu beberapa minggu sebelum semuanya berubah"....

Bagai disambar petir siang bolong saya pun mencoba meyakinkan Indah. Bahwa semua itu bukan atas kehendak saya. Dan ia pun telah ditipu mentah-mentah oleh saudaranya sendiri dengan memfitnah diri saya.

"Indaaahh!! ..Dengar Indah... Kamu harus percaya sama saya semua itu tidak seperti yang kau tuduhkan....Ok hari ini juga kita bertemu".....Namun Indah telah mematikan ponselnya.

Saya pun semakin kesal berang semuanya bercampur aduk...Setelah saya sampai dirumah..Telepon rumah langsung saya gunakan untuk menghubungi Indah karena ponselnya telah ia matikan....Tetapi ternyata sama saja telepon rumahnya hanya pembantunya saja yang mengangkat. Dan ia berkata bahwa Indah sedang tidak dirumah.

Saya pun bertambah kesal, hari itu juga saya langsung kerumah Indah...Rumah itu pun sepi hanya ada seorang pembantu. Akhirnya saya pun memaksa masuk kedalam..Memang sepi tidak ada orang sama sekali entah Indah pergi kemana...Akhirnya kesabaran saya pun mulai habis.....Saya langsung mengontek gank tongkrongan saya serta teman STM saya untuk mencari Anton dan membuat perhitungan dengannya. Malam itu saya pun langsung berangkat dua mobil untuk menemui Anton dikota bogor....Sesampainya disana rumah Anton ternyata juga kosong, Bahkan ada orang Bank yang telah menyita rumahnya. Saya pun tidak perduli.

Entah dimana keberadaan Anton saya pun tidak tahu...Akhirnya saya memutuskan untuk kerumah Roby serta Anggy yang juga masih ada hubungan saudara dengan Anton. Sesampainya disana beruntung Terry juga ada di rumah Roby...Ternyata Roby dan dua sahabat saya lainya telah termakan omongan dari Anton. Ia bahkan menuduh saya telah menggelapkan mobil serta uang Indah.

Darah saya semakin mendidih hingga akhirnya saya pun langsung memukul Roby secara membabi buta, Meski Terry membela Roby keduanya dengan mudah dapat saya lumpuhkan ditambah saya banyak membawa Gank saya. Sewaktu kami salin baku hantam, Anggy luput dari pantauan saya hingga ia dapat menghubungi polisi. Saya berserta gank saya digiring kekantor polisi. Begitupun dengan Roby dan Terry.

Meski sudah berada Saya pun tidak berhenti sampai disitu dan terus menekan Roby dan Terry. Perseteruan pun semakin panjang. Bahkan keluarga Indah pacar saya pun menuduh saya menggelapkan mobil serta uang anaknya...

Karena masalah semakin pelik akhirnya saya mengadukan masalah ini ke saudara saya seorang pengacara, ditambah saya pun memanggil om saya yang berpangkat seorang Kapasus. Meski begitu saya harus tetap ada konfirmasi kekantor polisi baik polres Bogor dan Depok. Akhirnya setelah berunding saya pun berdamai dengan Roby, Anggy dan Terry. Namun saya masih terus mencari Anton. Karena ia dalang dari semua ini.

Karena merasa jadi buronan polisi dan juga sering mendapat ancaman dari saya. Akhirnya pacar Anton yang bernama Clara buka suara. Dengan dibantu Terry akhirnya ia menceritakan semua masalah yang terjadi kepada Anggy, Indah, Serta keluarganya. Hingga Akhirnya Anton digiring kekantor polisi, Rasa benci serta kesal saya pun tak pernah padam. Bahkan saya pun enggan bertegur sapa serta berkumpul lagi dengan mereka. Termasuk Indah pacar saya.

Meski sudah memaafkan Indah. Akhirnya saya memilih memutuskan hubungan dengan Indah. Karena keluarga saya pun melarang keras saya untuk berhubungan kembali dengan gadis yang bernama Indah. Ditambah sejak saat itu persahabatan saya bubar. Meski terkadang Terry dan Clara masih sering menghubungi saya, Namun semuanya sudah tidak seperti dulu lagi.



Dan juga akibat masalah ini akhirnya saya diPhk dari tempat kerja... Sejak saat itu saya menjadi seorang penganguran. Meski Indah sang mantan menawarkan beberapa Job untuk saya tetapi tetap saya tidak akan merubah pendirian saya...Karena tak ingin saya jadi pengangguran akhirnya orang tua saya mengirim saya untuk tinggal Di makasar. Setelah beberapa bulan disana saya harus mengikuti saudara saya berlayar keEropa.

Meski hati kecil saya tak ingin ke kota Makasar dan berlayar Eropa. Akan tetapi karena desakan orang tua mau tak mau akhirnya saya mengalah. Ditambah saya ikut berlayar di kapal pesiar hanya dijadikan seorang koki dapur dibawah dec kapal pesiar. Saya pun mencoba bertahan meski akhirnya saya pun tak betah, Akhirnya memutuskan untuk kembali Ke Jakarta.

Setelah berada Dijakarta saya pun lebih rajin mencari kerja kembali. Dan yang terpenting saya bisa kembali lagi ke kehidupan yang saya inginkan. Meski masih menyandang status Jomblo. Sebulan berlalu kepulangan saya dari berlayar sempat diketahui oleh Indah. Dan ia sangat ingin merajut hubungannya kembali. Siang itu dikala saya sedang santai, telepon rumah berdering karena cuma ada saya dirumah akhirnya saya mengangkatnya ternyata Indah yang menghubungi saya.

"Satria apa kabarmu, Bisakah kau menemui saya sore nanti atau esok hari. Aku sangat ingin berbicara banyak denganmu. Ingat Satria aku sudah melupakan semuanya bisakah kau bertemu denganku"..

"Apa lagi yang mau kau harapkan dari orang sepertiku Indah. Semuanya telah jelas, Dan aku sudah mema,afkanmu. Untuk sekarang ini aku belum bisa bertemu denganmu. Karena aku lagi sibuk mengurus lamaran pekerjaanku, Yaa mungkin lain waktu"...

"Sesibuk itukah dirimu sekarang, Atau itu hanya sebuah cara agar kau bisa menghindar dariku"....Seru Indah.

"Yaa mungkin ada benarnya apa yang kau katakan, Tetapi menghindarku karena sebuah kesibukan. Dan antara kita berdua bukankah sudah ada hubungan apa-apa lagi, Jadi kapanpun aku mau menemui kamu biarlah aku yang menentukannya nanti Indah"..

"Ok baik aku turuti jika itu maumu...Sekarang berapa nomor ponselmu"....Tanya Indah.

"Aku belum ada ponsel lagi. Mungkin bila sudah ada akan aku kabari kekamu. Dan untuk sekarang mungkin kau bisa menelponku lewat telepon rumah saja"...

Akhirnya saya pun mengakhiri percakapan saya dengan Indah ditelepon meski boleh dikatakan Indah sepertinya berharap saya bisa kembali kedalam kehidupannya yang sekarang. Meski ada rasa tidak tega tetapi akan lebih baik semuanya saling mengakhiri dan menjadi teman atau sahabat sudah lebih dari cukup bagi saya.

Sewaktu Indah menanyakan tentang nomor ponsel saya yang telah saya ganti. Ternyata baru saya sadari..Ternyata ponsel Ia yang Nokia 2300 masih ditangan saya. Begitupun mungkin ponsel Nokia 3350 saya yang masih berada ditangannya atau tidak. Yang jelas sejak saat itu ponsel indah saya simpan baik-baik di lemari. Sampai akhirnya saya bisa melupakan Indah dan berakhir.

Demikianlah kisah tentang mengenang ponsel jadul dan asmara yang kandas.😄😄 Meski hanya saya tulis singkat-singkat saja... Karena kalau saya tulis semuanya yaa bisa 7 hari 7 malam tidak kelar2... 😂😂 Dan dalam penulisan ini saya pribadi ikut terbawa emosi dari masa lalu, Jadi boleh dikatakan penulisannya agak tegang dan menggebu-gebu atau mungkin terkesan kaku.😄😄

Dan bonus dari cerita ini anda bisa mendengarkan lagu dibawah ini secara gratis, Jika mau pun bisa mendownloadnya secara gratis pula.
😂😂😂😂😂😂😂

NIKE ARDILA ~ INZINKANLAH




DOWNLOAD


~ THANKS ~ YOU ~


Friday, 12 April 2019

,

Ilustrasi gambar by : Club.iyaa.com


Yang merasa generasi 90,an dan pernah lama menetap diJakarta, haayooo!! siapa ngaku?? Nggak usah pada ngumpet gitu kali..Ketawan yaa luuhh sudah bukan Abg lagi. Dan nggak usah ngaku-ngaku masih muda, Terlebih bila pernah naik angkutan bus tingkat PPD seperti gambar diatas 😂😂😂 Naahh kan sudah jadi kakek-kakek atau nenek-nenek jangan-jangan.😱😂😂 Sudah ngaku saja..😄



Ok kali ini saya punya sedikit kenangan manis dengan bus tingkat era 90,an tersebut. Dan kalau dipikir-pikir sebenarnya kangen juga sih dengan masa-masa 90,an. Kala bus tingkat PPD masih marak dikota jakarta.

Eehh! tapi ngomong-ngomong umur admin blog ini berapa memang sampai bisa masuk era 90,an..😱😱 Umur saya 17 tahun sekarang ini, Meski dikalihkan yaa tetap 17 tahun..😂😂😂...Haaahaaa Suueee!.😂

Ok kita lanjut ke topik bus tingkat PPD yang katanya bikin Jakarta ngetren kala itu. Begitupun saya pribadi rasanya ingin kembali ada bus tingkat seperti era 90,an dan sayang banget yaa bus tingkat harus dihapuskan..😭😭

Padahal bus tingkat itu punya sejarah manis buat saya pribadi. Bahkan saya memberi julukan Bus Asmara..😱😱 Ciieee lebay luuh min...Preetss! 😂😂

Yaa berawal waktu saya masih Smp dan lupa mengerjakan PR, Tak mau ambil pusing saya memilih bolos sekolah. Begitu pun dengan teman satu kelas saya ia pun memilih bolos tak ubahnya seperti saya. Dan karena letak sekolah saya di kota Depok jadi untuk ke kota Jakarta tidak membutuhkan waktu lama dalam hitungan detik saya pun sudah sampai di Jakarta.



Dengan membawa uang tabungan yang ada sayapun menuju pasar baru jakarta pusat dengan menaiki kereta api. Seperti tiada beban sayapun sangat senang dan menikmati perjalanan yang begitu indah.😱😱 Bolos bangga luuh..Suuee!.😂😂

Setelah bosan ajak-ijik dipasar baru jakarta saya pun lanjut ke stasiun Jakarta Kota ( Dahulu stasiun Beos namanya ) Dan sampai disana saya makin senang karena bisa berbelanja apa yang saya inginkan. Karena daerah stasiun kota jakarta terkenal dengan yang namanya pusat grosir termurah dijakarta, Bahkan sampai sekarang. Seperti contoh pasar pagi dan pusat Harco Glodok.

Setelah puas berjalan-jalan ke Pasar Pagi dan Harco Glodok saya pun singgah ditoko buku, tetapi bukan untuk mencari buku pelajaran melainkan mencari komik dan majalah serta TTS. 😱😉😂 di toko tersebut ternyata banyak juga anak-anak Smp seusia dengan saya. Dan singkat cerita saya pun mendapatkan kenalan wanita yang masih anak Smp juga. Selidik punya selidik ternyata ia tak ubahnya dengan saya bolos sekolah hanya untuk main dan jalan-jalan.

Namanya Nia...Ia bersekolah, Dan tinggal dikawasan Tanah Abang Jakarta Pusat. Karena sama-sama jujur bolos sekolah akhirnya ia memilih Harco Glodok sebagai tempat ia bermain, Karena cukup jauh dari rumah serta sekolah.

Akhirnya kami berdua semakin akrab bicara ngalor ngidul dari pelajaran hingga hal lainya. Namun sedang asiknya saya berdua dengan Nia. Teman sekelas saya mengajak pulang, Saya merasa bimbang dan masih ingin berlama-lama ditempat itu. Karena waktu masih jam setengah dua siang. Terlalu cepat bagi saya untuk pulang kerumah.

Karena tak ingin memaksa akhirnya teman sekelas saya memilih pulang duluan. Meski seorang diri saya tetap PD bahkan berani mengantar Kenalan saya yang bernama Nia untuk pulang kerumahnya dikawasan Tanah Abang Jakarta Pusat. Setelah puas mengobrol dengan Nia saya pun akhirnya menepati janji saya untuk mengantarnya pulang.





Bah dua sejoli yang sedang memadu kasih saya pun dengan berani menggandeng tangan Nia. Dan seperti ia pun tidak keberatan...Ciieee aahh masa!! Preettlaahh!!..😂😂 Nia pun menujuk sebuah bus tingkat PPD jurusan BlokM - Kota..Dan katanya bila naik bus itu bisa langsung melawati arah ia pulang yaitu kawasan Tanah Abang.

Dari Nia pula saya merasakan yang namanya naik bus tingkat PPD😉😄 Setelah saya dan Nia berada dalam Bus, saya pun langsung mengajak Nia ketangga atas untuk duduk didepan. Agar dapat menikmati indahnya panorama sore kota Jakarta.

Bus pun melaju dengan perlahan menuju arah Blok.M, Saya pun kian lengket dengan Nia. Masih seperti biasa salin ngobrol ngalor ngidul dan bercanda riang gembira, Sambil sesekali membuka kaca jendela bus agar dapat mendapatkan angin segar. Karena bus tidak ber Ac, tarifnya pun murah hanya Rp.150 perak untuk satu orang penumpang. Itu tarif untuk pelajar sedangkan orang dewasa berkisar Rp350 perak, Itu duluuu!! Toongg!!..😂😂 kalau seandainya sekarang mungkin antara Rp.5000 sampai 4500. Karena Non AC, Yaa beda tipis sama Bus Way era sekarang.

Waktu terus berjalan, Setengah jam berlalu akhirnya saya dan Nia sampai dikawasan bundaran Hotel Indonesia Thamrin Jakarta Pusat. Akhirnya kami berduapun turun dari bus tingkat tersebut. Setelah berada dihalte kami pun menaiki tangga penyebrangan. Saya dan Nia terus melangkah menuju arah Jl. Kebon kacang. Rumah Nia pun tidak jauh dari bunderan hotel indonesia. Hanya membutuhkan waktu setengah jam berjalan kaki.

Seperti tak merasa kelelahan saya terus mengantar Nia sampai depan rumahnya. Ia tinggal dirumah susun kawasan kebon kacang, Tanah Abang Jakarta pusat. Setelah Nia saya antar sampai depan rumahnya saya pun memilih pamit karena hari sudah sore. Meski berat meninggalkan Nia. Enak tidak enak akhirnya saya kembali ke Halte bus untuk selanjutnya pulang kerumah.

Sejak saat itu saya sering membuat janji kepada Nia untuk bertemu. Terkadang kami pun sering melakukan bolos bersama demi ingin menaiki bus tingkat. Dan saya dan Nia pun sering bergonta-ganti jurusan bus tingkat. Bahkan saya pernah mengajak Nia keAncol untuk sekedar menikmati pemandangan laut dikawasan Ancol Jakarta Utara.

Hari terus berganti dan waktu terus berjalan hingga saya lulus smp dan berniat melanjutkan sekolah di Jakarta. Dengan gembira saya pun akan memberi kabar kepada Nia. Dihari minggu pagi saya pun segera menuju kerumahnya untuk memberi kabar sekaligus akan mengajak Nia jalan-jalan dengan menaiki bus tingkat PPD.

Setelah sampai dirumahnya saya pun agak sedikit bingung. Karena penghuni rumah susun tersebut sudah berganti orang. Dan tidak ada Nia disana.? 😱😱 Setelah saya bertanya detail penghuni rumah susun itu hanya berkata bahwa Nia dan keluarganya sudah pindah sejak seminggu yang lalu. Karena saya tak percaya akhirnya saya tanya tetangga-tetangga yang berdekatan dengan rumah Nia.

Jawabnya tetap sama, Hanya berkata Nia sudah Pindah ikut orang tuanya ke negri jiran Malaysia. Tubuh saya pun serasa lemas dan tidak bisa berbuat banyak, Dengan langkah gontai saya pun hanya bisa pasrah lalu meninggalkan kawasan rumah susun tersebut menuju halte bus dimana dihari-hari sebelumnya menjadi tempat pertemuan saya dan Nia. Dan kini semua cuma tinggal kenangan...😱😭😭😭😭 Kasiiihhhaaannn deh luuhh!!..😢😢

Seperti ada yang hilang dari kehidupan saya akhirnya saya kembali menaiki bus tingkat dengan tujuan yang tidak jelas sambil bersedih hati. Bahkan saya pun kerap berganti route bus tingkat ke bus tingkat lainya. Hingga saya jenuh serta kecewa, Tetapi saya pribadi tidak menyalahkan Nia. Karena sejak awal bertemu hingga berpisah saya tidak pernah mengutarakan cinta terhadapnya. Dengan alasan malu...Blooonnn luuhhh!!..😰😰

Namun apapun itu kehidupan terus berjalan hingga saya melanjutkan sekolah di Jakarta tetap tidak pernah ada kabar dari Nia. Setahun pun berlalu dengan kandasnya cinta monyet saya dikala Smp, Ternyata bus tingkat berjenis PPD pun mengakhiri trayeknya. Bus tersebut pernah melakukan peremajaan akan tetapi tidak lama era tahun 1995 sampai 1996 bus tingkat jenis PPD pun tidak beroperasi selamanya hingga sekarang.

Trayek bus berakhir Cinta saya pun lebih dulu berakhir....KAAAASSIIIAAANNN!!!..Mewek2 dech luuhh persis bemper bus tingkat dan knalpotnya yang berasap hitam ngebul...😂😂😂 Emang eeenaakkk!!..Kenapa tidak pacaran saja sama bus tingkat...??😱😱

SUUUUUUEEEEE!!..😬😭😭


Bila kau seorang diri ku ingin menemani

Walau kau seorang diri janganlah bersedih nyanyikan saja lagu tentang hari yang indah

Bukannya lagu tentang engkau dan aku.



Lagiii2...Kaaassiiihaaannn!!..😂😂😂



Nah gambar diatas adalah sebuah bus tingkat PPD terakhir era tahun 1995 dan 1996. Bermerk VOLVO AILSA made in Swedia. Terakhir beroperasi jurusan Pasar Senen - Blok-M...Dan Blok-M -Kota... Meski pada akhirnya pertengahan era 1996 Kota Jakarta sudah tidak ada lagi yang namanya bus tingkat. Dengan alasan kemacetan Kota Jakarta semakin parah jadi bus tingkat tidak bisa bermanuver dengan baik.

Bukan hanya itu saja biaya service bus itu pun terbilang tinggi ditambah seperpart yang sudah langkah. Bahkan sakin macetnya Kota Jakarta bus tingkat pun kerap sepi penumpang karena berjalan lambat. Ditambah lagi seringnya terjadi penodongan dilantai bus paling atas kala sore dan malam harinya. Ternyata bus Volvo ini senasib dengan cinta monyet saya yang kadas pula.😩😭😭



Gambar by : Liputan6

Dan Gambar terakhir adalah bus tingkat pertama era tahun 1968 - 1982. Made in England ( Inggris ) Yang bernama LEYLAND TITAN

Hingga masanya berakhir era tahun 1982 LEYLAND tetap melakukan peremajaan dari era 1983 - sampai 1988. Dan berganti nama menjadi LEYLAND ATLANTEA. Namun dari kedua bus tersebut saya tidak mengalaminya karena masih kecil dan imut-imut kalah itu..😄😄

Nah demikianlah edisi mengenang Asmara dan Bus tingkat era 90,an. Mungkin anda punya cerita seperti saya tentang asmara dan bus, Baik meski berbeda mungkin bisa memberikan di kolam komentar secara singkat atau mungkin padat.



~ THANKS ~ YOU ~