Mahasiswa UGM Buat Boneka Berbentuk Rahim Sebagai Peraga KB

Nasional, Jakarta - Banyak kaum ibu yang gagal paham saat diberi sosialisasi tentang alat keluarga berencana (KB) seperti suntik, spiral, IUD pil dan lainnya.

Kelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mempermudah penjelasan atau sosialisasi KB dengan membuat boneka berbentuk  rahim hingga vagina. Boneka menyerupai anatomi rahim ini berwarna merah muda.

Alat peraga tersebut  untuk menjelaskan cara kerja pil KB bagi para perempuan.

"Untuk membantu cara kerja pil KB dengan boneka yang menyerupai anatomi rahim," kata Binta FN, salah satu anggota tim peneliti, Jumat, 11 Agustus 2017.

Para mahasiswa D4 Kebidanan yang menjadi anggota tim adalah Nabila Aulia, Ineke Wijayanti, dan Puput Ayu W.  Mereka membuat boneka melalui program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Mereka sudah menjual boneka bernama Mikopil dan pembelinya kebanyakan bidan untuk alat peraga bagi akseptor. Selain itu juga guru biologi dan mahasiswa kehidanan.

Menurut Binta, ide membuat bonek rahim ini berawal dari laporan penelitian kesehatan yang menyebutkan sekitar 6 dari 10 pengguna pil KB tidak paham tentang cara kerja cara pil kontrasepsi tersebut.  Lebih dari 50 persen gagal paham sehingga tidak patuh mengkonsumsi pil KB.

Mikopil yang merupakan singkatan Miniatur Kontrasepsi Pil ini menurut Inneke, salah satu anggota tim, akan terus dikembangkan supaya bisa membantu tenaga professional bidang kesehatan dalam mensosialisaikan program keluarga berencana.

Selama ini diketahui pengguna KB pil mengalami kesulitan dalam menjalankan intruksi yang disampaikan para tenaga medis.

"Di Mikopil disiapkan replika pil KB yang bisa menentukan kapan waktu yang tepat bagi pengguna untuk mulai mengkonsumsi. Adanya boneka Mikopil ini memotivasi para ibu patuh menggunakan pil kontrasepsi,” kata dia.

Sumber : Tempo.co

"SEMOGA BERMANFAAT"

Posting Komentar

1 Komentar

  1. ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D*E*W*A*P*K
    hanya dengan minimal deposit 10.000, dapat uang jutaan rupiah...
    segera daftar ya, ditunggu lohhh...^^

    BalasHapus

TERIMA KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA UNTUK MEMBACA CORETAN YANG EEHEEM,! UHUUKS2!

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)