
Musim hujan telah tiba, Sebagai pembuka diawal tahun yang baru kawasan Jabodetabek mendapatkan kado yang begitu istimewa yaitu Baanjiirrr!. Ya meski begitu kita harus tetap bersyukur, Dan jadikan tahun 2020 ini menjadi lebih baik dari tahun 2019 yang sudah kita lalui bersama.
Seperti yang pernah anda ketahui memang musim penghujan sudah datang sejak awal november 2019 namun curah hujannya tidak sederas diawal jelang malam tahun baru 2020. Bahkan sakin derasnya hujan, Hampir seluruh wilayah Jabodetabek menikmati malam akhir tahun dengan berbasah-basah ria dan akhirnya banjir pun datang menjelma.😄😄
Selain meluluh lantakan kawasan Jabodetabek hujan yang begitu derasnya diawal tahun 2020 ini menyebabkan terjadinya tanah longsor didaerah bogor. Korban jiwapun berjatuhan, Tak hanya tanah longsor yang membuat akses jalan terputus banjir yang menerjang kawasan Jabodetabek juga membuat kegiatan aktifitas seolah menjadi terhenti selama satu hari. Meski sedikit berangsur-asur pulih namun butuh waktu sepekan untuk membuat semuanya menjadi normal. Karena curah hujan deras akan kembali datang mengguyur kawasan Jabodetabek.
Nah bicara soal hujan deras dan banjir yang terjadi di Jabodetabek bagi anda yang sering beraktifitas dengan sepeda motor dikala musim penghujan tentunya pernah mengalami mogok pada kendaraan anda. Atau mungkin terjebak banjir saat melintas dijalan secara mendadak. Dibawah ini saya akan berbagi tips bagi penguna sepeda motor kala menghadapi banjir di musim penghujan atau sepeda motor anda mogok sewaktu melintasi jalan yang banjir. Berikut 2 dibawah ini.
Seperti yang pernah anda ketahui memang musim penghujan sudah datang sejak awal november 2019 namun curah hujannya tidak sederas diawal jelang malam tahun baru 2020. Bahkan sakin derasnya hujan, Hampir seluruh wilayah Jabodetabek menikmati malam akhir tahun dengan berbasah-basah ria dan akhirnya banjir pun datang menjelma.😄😄
Selain meluluh lantakan kawasan Jabodetabek hujan yang begitu derasnya diawal tahun 2020 ini menyebabkan terjadinya tanah longsor didaerah bogor. Korban jiwapun berjatuhan, Tak hanya tanah longsor yang membuat akses jalan terputus banjir yang menerjang kawasan Jabodetabek juga membuat kegiatan aktifitas seolah menjadi terhenti selama satu hari. Meski sedikit berangsur-asur pulih namun butuh waktu sepekan untuk membuat semuanya menjadi normal. Karena curah hujan deras akan kembali datang mengguyur kawasan Jabodetabek.
Nah bicara soal hujan deras dan banjir yang terjadi di Jabodetabek bagi anda yang sering beraktifitas dengan sepeda motor dikala musim penghujan tentunya pernah mengalami mogok pada kendaraan anda. Atau mungkin terjebak banjir saat melintas dijalan secara mendadak. Dibawah ini saya akan berbagi tips bagi penguna sepeda motor kala menghadapi banjir di musim penghujan atau sepeda motor anda mogok sewaktu melintasi jalan yang banjir. Berikut 2 dibawah ini.
Sebelum anda nekad menerjang banjir harap lihat situasi depan kanan kiri dan biarkan kendaraan didepan kita jaraknya jauh dulu jangan terlalu dekat karena kita akan memakai trik dibawah.
1. Pertama tidak boleh naik turunin tuas gas disaat air sudah melewati atas kenalpot, banyak motor mati disaat menerjang banjir dikarenakan anda membuka dan menutup tuas gas, bersamaan dengan itu air kesedot masuk lewat kenalpot dan masuk keruang bakar.
Jadi apapun dan bagaimanapun situasinya dari awal anda masuk area banjir hingga ujung landasan tidak diperkenankan naik turunin tuas gas, jika harus terjadi dan tiba-tiba anda harus menjaga keseimbangan badan karena ombak air yang kita lewati dan tiba-tiba harus berhenti ditengah bajir biarkan gas terus meraung dan jangan diturunkan gasnya namun tetap tarik tuas rem supaya motor tidak jalan, biarkan meraung sambil lepas rem pelan-pelan dan jalan.
2. UNTUK MOTOR KOPLING
1. Pada dasarnya sama dengan poin 1 diatas, usahakan sabar hingga jalan depan kita clear dari kendaraan lain.
2. Motor kopling akan lebih enak dan mudah karena dengan narik tuas kopling tidak harus ngerem tarik gas sekencengnya motor tidak akan jalan beda sama motor matic diatas.
3. Tidak boleh mainin kopling dan gas ditengah banjir, dari awal mau masuk area banjir usahakan tetap pakai gigi 1 hingga ujung landasan, tarik gas stabil tidak boleh diturunkan dan jangn oper gigi dikarena akan juga otomatis membuka kopling dan tuas gas, air akan masuk lewat knalpot dan masuk keruang bakar yang akan menyebabkan motor kita mati.
INTINYA :
~ Buka tutup tuas gas otomatis menyedot air masuk ke knalpot dan mesin yang membikin motor blebeg gak bisa napas kemasukan air dan mati.
~ Dengan gas stabil akan menghalangi air masuk karena disaat kita tarik gas motor memuntahkan energynya keluar dan apapun benda diujung lobang yg dimotor akan kelempar keluar dan juga air diujung knalpot.
~ Trik diatas tidak direkomendasikan untuk debit air yang sudah tinggi atau sudah merendam setengah lebih motor kita.
1. Pertama tidak boleh naik turunin tuas gas disaat air sudah melewati atas kenalpot, banyak motor mati disaat menerjang banjir dikarenakan anda membuka dan menutup tuas gas, bersamaan dengan itu air kesedot masuk lewat kenalpot dan masuk keruang bakar.
Jadi apapun dan bagaimanapun situasinya dari awal anda masuk area banjir hingga ujung landasan tidak diperkenankan naik turunin tuas gas, jika harus terjadi dan tiba-tiba anda harus menjaga keseimbangan badan karena ombak air yang kita lewati dan tiba-tiba harus berhenti ditengah bajir biarkan gas terus meraung dan jangan diturunkan gasnya namun tetap tarik tuas rem supaya motor tidak jalan, biarkan meraung sambil lepas rem pelan-pelan dan jalan.
2. UNTUK MOTOR KOPLING
1. Pada dasarnya sama dengan poin 1 diatas, usahakan sabar hingga jalan depan kita clear dari kendaraan lain.
2. Motor kopling akan lebih enak dan mudah karena dengan narik tuas kopling tidak harus ngerem tarik gas sekencengnya motor tidak akan jalan beda sama motor matic diatas.
3. Tidak boleh mainin kopling dan gas ditengah banjir, dari awal mau masuk area banjir usahakan tetap pakai gigi 1 hingga ujung landasan, tarik gas stabil tidak boleh diturunkan dan jangn oper gigi dikarena akan juga otomatis membuka kopling dan tuas gas, air akan masuk lewat knalpot dan masuk keruang bakar yang akan menyebabkan motor kita mati.
INTINYA :
~ Buka tutup tuas gas otomatis menyedot air masuk ke knalpot dan mesin yang membikin motor blebeg gak bisa napas kemasukan air dan mati.
~ Dengan gas stabil akan menghalangi air masuk karena disaat kita tarik gas motor memuntahkan energynya keluar dan apapun benda diujung lobang yg dimotor akan kelempar keluar dan juga air diujung knalpot.
~ Trik diatas tidak direkomendasikan untuk debit air yang sudah tinggi atau sudah merendam setengah lebih motor kita.
Jangan memaksa menghidupkan mesin lalu menggeber2 dengan tujuan mengeluarkan air atau menghilangkan brebet.
~ Jika setelah melewati air lalu mogok dan dicoba disela motor masih hidup jangan langsung di geber...karena bisa terjadi "water hammer", yaitu air di sedot masuk keruang bakar lalu di kompresi oleh piston yang menuju TMA.
~ Bila dalam keadaan normal, saat piston menuju TMA dan terjadi proses kompresi maka uap bensin akan terbakar lalu terbuang, tapi bila air yang dikompresi maka air tak dapat terbakar, dan sesaat sebelum air tersebut terbuang lewat klep out maka terjadilah water hammer...bila motor di geber sampai 7.000 rpm saja selama 1 menit, berarti sudah terjadi 7.000 x water hammer dalam 1 menit itu.
~ Makin tinggi kompresi motor tersebut..apalagi yg motornya badai maka makin kuatlah water hammernya..dan resiko klep bengkok, stang seher bengkok, kepala piston bolong, pinggiran piston grepes, dan ring patah sudah didepan mata.
~ Jadi langkah yang tepat bila selepas melewati banjir motor mogok lalu disela masih bisa hidup..biarkan nyala tanpa di geber2 sambil jaga stasioner mesin supaya gak mati dan brebetnya hilang barulah lanjutkan perjalanan.
~ Tapi bila disela berkali2 motor gak hidup ya buka busi atau kendorkan, keringkan area kabel busi, kop busi sampai sekitar koil, lalu coba sela berkali2 sampai air di ruang bakar keluar semua, setelah itu baru pasang/kencangkan lg businya dan coba disela.
~ Bila motor terendam banjir berjam-jam diparkiran atau dirumah sebaiknya gak usah mencoba di sela apalagi kontak on, setelah banjir surut langsung saja buang olinya, lepas filter olinya, kendorkan/buka businya...dalam keadaan kontak off...sela terus sampai gak ada air yg keluar dr lubang busi/lubang knalpot.
~ Sampai benar-benar yakin bersih dan tidak ada airnya.
~ Setelah itu ganti dan pasang filter oli yg baru jangan yang bekas..Karena filter oli yg terkena air otomatis sudah mampat...Oli malah gak naik nantinya.
~ Tuang oli baru (Oli murah aja dulu), pasang/ kencangkan busi.
~ Jangan lupa karburator dibersihkan, filter udara diganti atau dilepas sekalian aja untuk sementara.
~ Lepas body lalu keringkan semua kabel-kabel, Soket, area sikring, koil dll, bisa pakai lap/angin kompresor atau jemur aja motornya panas2an.
~ Setelah kering baru kontak on dan coba disela/hidupkan.
~ Jangan pakai elektrik stater karena kalau nggak hidup-hidup resiko accu nya bisa drop/habis setrum.
~ Setelah mesin hidup, panaskan dengan stasioner jangan digeber-geber sampai brebetnya hilang.
~ Jika mesin sudah bisa nyala dan stasioner sudah normal silahkan buang lagi olinya, lepas filter olinya, lalu ganti yang baru lagi.
Dan motorpun siap buat jalan lagi...Selamat mencoba...Jika masih tidak bisa menyala baru bawa kebengkel dan belah mesin lalu keringkan kabel body dan kelistrikan total...Syukur-sukur bisa normal tanpa harus ganti kabel body. Ok semoga dapat dipahami yaa..
~ Jika setelah melewati air lalu mogok dan dicoba disela motor masih hidup jangan langsung di geber...karena bisa terjadi "water hammer", yaitu air di sedot masuk keruang bakar lalu di kompresi oleh piston yang menuju TMA.
~ Bila dalam keadaan normal, saat piston menuju TMA dan terjadi proses kompresi maka uap bensin akan terbakar lalu terbuang, tapi bila air yang dikompresi maka air tak dapat terbakar, dan sesaat sebelum air tersebut terbuang lewat klep out maka terjadilah water hammer...bila motor di geber sampai 7.000 rpm saja selama 1 menit, berarti sudah terjadi 7.000 x water hammer dalam 1 menit itu.
~ Makin tinggi kompresi motor tersebut..apalagi yg motornya badai maka makin kuatlah water hammernya..dan resiko klep bengkok, stang seher bengkok, kepala piston bolong, pinggiran piston grepes, dan ring patah sudah didepan mata.
~ Jadi langkah yang tepat bila selepas melewati banjir motor mogok lalu disela masih bisa hidup..biarkan nyala tanpa di geber2 sambil jaga stasioner mesin supaya gak mati dan brebetnya hilang barulah lanjutkan perjalanan.
~ Tapi bila disela berkali2 motor gak hidup ya buka busi atau kendorkan, keringkan area kabel busi, kop busi sampai sekitar koil, lalu coba sela berkali2 sampai air di ruang bakar keluar semua, setelah itu baru pasang/kencangkan lg businya dan coba disela.
~ Bila motor terendam banjir berjam-jam diparkiran atau dirumah sebaiknya gak usah mencoba di sela apalagi kontak on, setelah banjir surut langsung saja buang olinya, lepas filter olinya, kendorkan/buka businya...dalam keadaan kontak off...sela terus sampai gak ada air yg keluar dr lubang busi/lubang knalpot.
~ Sampai benar-benar yakin bersih dan tidak ada airnya.
~ Setelah itu ganti dan pasang filter oli yg baru jangan yang bekas..Karena filter oli yg terkena air otomatis sudah mampat...Oli malah gak naik nantinya.
~ Tuang oli baru (Oli murah aja dulu), pasang/ kencangkan busi.
~ Jangan lupa karburator dibersihkan, filter udara diganti atau dilepas sekalian aja untuk sementara.
~ Lepas body lalu keringkan semua kabel-kabel, Soket, area sikring, koil dll, bisa pakai lap/angin kompresor atau jemur aja motornya panas2an.
~ Setelah kering baru kontak on dan coba disela/hidupkan.
~ Jangan pakai elektrik stater karena kalau nggak hidup-hidup resiko accu nya bisa drop/habis setrum.
~ Setelah mesin hidup, panaskan dengan stasioner jangan digeber-geber sampai brebetnya hilang.
~ Jika mesin sudah bisa nyala dan stasioner sudah normal silahkan buang lagi olinya, lepas filter olinya, lalu ganti yang baru lagi.
Dan motorpun siap buat jalan lagi...Selamat mencoba...Jika masih tidak bisa menyala baru bawa kebengkel dan belah mesin lalu keringkan kabel body dan kelistrikan total...Syukur-sukur bisa normal tanpa harus ganti kabel body. Ok semoga dapat dipahami yaa..
Artikel By : Jul Julianto, Julian Oktaviandi Saputra, Satria Mwb & Info Depok.
68 Komentar
Ya, maklum saja bulan Januari memang hujan lagi deras- derasnya , tapi? Kebanyakan yang mengalami dampak terparah itu Jakarta. Ya, mungkin karena Jakarta kurang ada pohon yang mampu menampung air hujan itu sendiri.btw? Cerpennya Tari tunggu, kok malah tidak ada? Hadeh ? Om ini gimana ?
BalasHapusBelum sempat Tary sayang..😄😄
Hapusbagaimana keadaannya bang aman-aman aja kan selamat dari banjir
BalasHapusAlhamdullilah mas tempatku bebas banjir mas. Cuma ada sebagian saja.😄😄
HapusMaafkan Bu guru Tari, ya Om satria? Atas komentarnya Tari? Tentang tari yang bertanya sama Om satria kok tidak buat cerpen cinta? Kenapa tidak buat cerpen cinta, tari tidak mahu semua blogger jadi membenci tari seperti Mase Hino membenci tari.terima kasih.
BalasHapusNggak apa kok Tary sayang, Yaa udah cup2..Cuuup Sayang.😄😄
Hapus🤣🤣
Hapus😁😁
HapusMaaf kalau balas komen saya atau balas komen anak gadis remaja jangan pakai embel - embel sayang, ingat? Om, sudah punya istri dan anak.terima kasih
HapusNggak apa2 kan 2020 mau tambah istri..😄😄
HapusJangan lupa, uang belanjanya juga jadi 20 juta.😁
HapusBhaahaa...Suueee.😁😁
HapusSuweee? Artinya apa ya,
HapusApa yaa lupalupa..😄😄
Hapus😀😛😀😛
HapusWaduh, kemarin motor aku juga mati terendam banjir. Untung setelah kering bisa nyala lagi dan bisa bawa rongdo..😁
BalasHapusSuuueee 😁😁
HapusSaya dulu tinggalnya di daerah rob jadi sering kena banjir. Kalo urusan motor, saya seringnya rutin ganti oli dan cek busi krn motor saya waktu itu Yamaha Force 1. Selain itu juga harus rajin nyuci motor karena kalau ga, bisa karatan.
BalasHapusBetul sekali mbak wiwid. Yang terpenting sih lebih baik menghindari banjir.😄😄
HapusIni penting bgt buat temen2 yg memang kena banjir. Huhu
BalasHapusSedih atuh mas, kl liat atau denger kabar temen2 yg kena banjir. smga ga ada motor dan mobil mogok lagi.. Smga airnya segera surut. Aamiin
Betul banget neng Ell...Dan Semoga musibah banjir segera surut yaa.😄😄
HapusMbak Ell, Juga jangan sering2 keluar rumah ntar kalau hanyut gimana dan aku juga gimana?😱😱😱😂😉
saya mah terjang terosss sikatttt
BalasHapusIyaa mas lha wong motornya didorong yaa jadi maju terus.😂😂
HapusPenting banget nih tipsnya. Tapi saya ga berani bawa sepeda motor kalo banjir, jalannya ga keliatan gitu, ntar tau tau udah di kali.
BalasHapusHaahaaa betul mas lebih baik menghindari saja yaa..😄😄
HapusKayaknya pemotor di jakarta udah jago2 yah mas. Gak liat ada berita yang motornya mogok
BalasHapusBetul bang nggak ada yang mogok tapi hanyut kebawa banjir buuaanyyaakks!!..😄😄😂😂😂
HapusBagus dan berfaedah banget nih tipsnya, mungkin yang emak-emak kudu dikasih penyuluhan nih tips menerjang banjir jadi gak cuma modal nekat doang hehehe
BalasHapusYooii betul banget mbak Shinta.😄😄
HapusWah gini dong sat bermanfaat bgt dan langsung gw cek istilah2 spart part motor xixixi
BalasHapusTp depok aman kan? Apa kena juga?
Beneran mengkhawatirkan ni cuaca sepanjang bulan berakhiran ber
Depok tempatku aman dan bebas banjir, Cuma sebagian kecil aja yang berdampak banjir tapi mulai berangsur2 surut..
HapusTempatmu banjir nggak awas hati2 tetap waspadalah...waspadalah.
Waspadalah.😂😂😂
Sungguh bermanfaat tipsnya, mas. Tapi kalau aku tetep terjang aja sih, karena aku gak paham sama sekali dengan mesin-mesin motor apa lagi istilah-istilahnya. Cuma tau pake aja. Hehehe.
BalasHapusWaahh berarti mbak Roem ini type orang yang gigih. La wong banjir aja diterjang kok berati siap ambil resiko termasuk bila kendaraan mogok.😄😄 Mantap 👍👍
HapusWah tips ini akan saya berikan ke anak saya. Dia baru tahun kemarin naik motor karena kampusnya jauh. Terima kasih, ya Mas.
BalasHapusOk mbak Niar thanks juga atas waktunya..😄😄
Hapusdekat Malaysia juga selalu banjir...
BalasHapuskalau selalu betrsedia dengan informasi supaya cepat bertindak
Betul itu mas..😄😄
HapusAda video yang lagi viral, Mas. Mbak-mbak motornya ketarik arus banjir, serem kali nurut aku.
BalasHapusKu pikir kalau banjir mending motor dimatiin turus dituntun saja, hahaha.
Maafkan atas ketidak tahuanku, aku ga bisa naik motor :D
Iya betul mbak Nila aku juga pernah lihat videonya.
HapusBetul itu mending ditutun biar nggak nambah Resiko.😄😄
Naik sepeda saja biar bisa olah raga kaya aku. Ntar banyak penggemarnya.😱😱😂😂😂😂
Bahaya kalo naik sepeda bareng kang satria..😂
HapusBhaahaaa!...Suuueee..😁😁
HapusWalah...sepedaan biar banyak penggemar ternyata, hahahaha
HapusYooii mbak Nila..😄😄
Hapuspokoknya gak usah mainin tuas kopling ya min... pernah juga kena mogok di banjir ni min. kayaknya memang penyebabnya ini
BalasHapusBetul Mbah Din, Kalau udah Tarik kopling jangan dilepas mau aman lagi dorong tuh motor dengan kondisi mesin menyala. Tapi kalau jarak banjirnya panjang lebih baik ikuti sesuai artikel diatas.😄😄
HapusSemoga bermanfaat bgt bagi para korban banjir
BalasHapusdi daerahku syukurlah tahun ini nggak ada banjir
Ok mas Aul thanks juga atas waktunya nih..😄😄
HapusWahhh terima kasih banget tipsnya mas, semoga bisa memberikan manfaat yang luass kepada orang banyak dan orang orang yang terkena musibah banjir saat ini.. Sehat terus mas :D
BalasHapusOk sama2 mas Andri thanks juga atas waktunya.😄😄
HapusWalah repot juga ya ternyata kalau pas kebanjiran gitu. Mau naik sepeda motor saja harus pakai trik trik tertentu. Tak terbayangkan gimana ya pas mau berangkat kerja,mburu finger, eh sepeda motornya rewel trus mogok kena banjir.
BalasHapusUntuung saya tinggal di wilayah yg tdk pernah banjir
Betul Neng Dewa, Waah berarti harus bersyukur daerahnya bebas banjir berarti resapan airnya masih bagus.😄😄
Hapusmakasih bang tipsnya, ini memang cocok banget karena sekarang lagi musim hujan yang pastinya musim banjir juga, moga aja sih semuanya selamat2 aja ya :D
BalasHapusIya Nif sama2 thanks juga atas waktunya.😄😄
HapusManfaat banget jadi gigi 1 aja ya gas konstan jgn mainkan kopling
BalasHapusBetul banget mang Abdul..😄😄
HapusInfo yang berguna banget. Tapi kalau lihat banjir, saya mendingan gak lewat. Gampang khawatir soalnya.
BalasHapusBetul mbak Dyah selagi masih bisa dihindarkan mengapa tidak. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati..😄😄
HapusJadi ingat 5 tahun lalu, saya masih kerja kantoran, pergi pulang naik motor sendiri.
BalasHapusterus lewat jalanan yang dataran rendah gitu, kalau hujan pasti air tergenang.
Ampun deh deg-degan lewatnya.
Untungnya pak suami udah ngajarin, persis kayak di atas, kalau terlanjur jalan di banjir gitu harus digas mulu.
Alhamdulillah, saya nggak pernah kena mogok di jalanan gara-gara banjir, secara.. bahkan ban kempes saja saya bisa nangis sendiri di pinggir jalan hahahahaha.
Apalagi banjir-banjir mogok :D
Waahh berarti mbak Rey masuk katagori pemotor yang handal melibas banjir.😄😄
HapusTerkecuali ban kempes yaa..😂😂
Kalau solusi ban kempes gampang mbak Rey. Untuk para wanita mah tinggal teriak tooloonggh pasti rame orang berdatangan.😂😂
Beda cowok, Motor mogok dan segala macamnya, Orang hanya bilang. "kenapa tuh motor"..😱😱
Cuma pada ngeliatin doang.😂😂😂
tak dinafikan ketika berlaku banjir kilat, golongan motorcyclist yang paling sukar dan mudah terdedah dengan bahaya. pernah sekali di sini, seorang penunggang maut kerana dirempuh lori etika berhenti berteduh bawah fly over menunggu banjir surut
BalasHapusBetul mbak Anis.😄😄
HapusJadi penyebab air masuk itu malah karena mainan gas ya. Terima kasih udah share infonya.
BalasHapusNggak juga. Main kencang terus pelan itu yang bikin air masuk.😄😄
HapusKalau nggak mau masuk air Gas stabil tidak pelan tidak juga kencang.😄😄
kalau rasa tidak berani lebih jangan
BalasHapusBetul mas.😊😊
HapusSaya gak paham motor tetapi baca ini beroleh banyak manfaat karena bisa tahu ilmu motor agar tidak alami hal lebih parah jika banjir.
BalasHapusBelum punya motor, sih, tetapi siapa tahu kelak kalau Palung sudah dewasa dan punya pekerjaan mapan serta punya motor bisa terapkan ilmu ini. Ilmu yang sungguh tidak diketahui banyak orang awam.Ini juga harus dibaca keponakan saya yang punya motor.
Kang Satria keren.
Ok mbak Rohayati thanks juga nih atas waktunya. Dan semoga bisa bermanfaat yaa.😄😄
HapusOk mbak Rohayati thanks juga nih atas waktunya. Dan semoga bisa bermanfaat yaa.😄😄
HapusTERIMA KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA UNTUK MEMBACA CORETAN YANG EEHEEM,! UHUUKS2!
Emoji