Jum,at malam tanpa sengaja saya bertemu para sahabat komunitas sepeda gunung dan tentunya apa lagi kalau bukan sepeda yang kami bahas. Terlebih hampir setahun saya sudah tidak melakukan aktifitas bermain sepeda karena terbentur kesibukan.

Naah akhirnya setelah saya bertemu dengan teman komunitas sepeda saya,Kami pun sepakat sabtu pagi ingin mengadakan goes santai dikampus UI depok. Karena jaraknya yang tidak jauh dari rumah, Akhirnya sayapun memutuskan untuk ikut karena saya sudah lama tidak main sepeda dan tentunya sangat kangen. Dan hari sabtu pagi pun saya tidak ada kesibukan selama dari pagi sampai siang. Hingga sayapun sangat senang bisa bermain sepeda kembali seperti dulu.

Pagipun menjelma, Dan sayapun bersiap-siap untuk bersepeda, Dan entah kenapa pula terlintas dibenak saya untuk lari pagi jika sudah sampai kampus UI nanti. Karena menurut saya hanya bersepeda jarak dekat jadi tidak masalah bagi saya pribadi untuk sekalian lari pagi. Setelah sarapan sayapun bergegas menuju tempat berkumpul yang telah ditentukan dan sepeda yang saya bawa hanya sepeda rakitan standar Semi Downhill namun mampu melintasi dua trek baik Ofroad maupun Touring. Dia saya beri nama si Blackblue. Bergigi 7 namun cukup kuat untuk 2 trek sekaligus.

Meski dalam hati saya berkeinginan membawa sepeda Freeride kesayangan saya, Akan tetapi kondisi sepeda Freeride saya sedang tidak normal. Karena ada beberapa komponen yang harus saya ganti dan biayanyapun cukup mahal, Jadi si putih Freeride saya tidak pakai dulu. Toh cuma goes santai ini siBlackblue pun cukup bisa diandalkan meski hanya bergigi 7, Berbeda dengan Freeride saya yang bergigi 12.

Singkat cerita akhirnya kamipun berangkat menuju kampus UI Depok dengan berjumlah 15 orang. Sebagaian berseragam sebagian tidak. Sayapun juga tanpa seragam sepeda karena cuma goes jarak dekat bagi saya tak perlu memakai kelengkapan sepeda secara safety terkecuali trek jauh, Atau Touring jarak jauh seperti jarak Depok - Sukabumi PP.

Karena jaraknya tidak begitu jauh dari rumah akhirnya sayapun sampai dikampus UI Depok dengan hanya membutuhkan waktu sepuluh menit. Dan sesampainya disana ternyata dari ke 15 belas teman saya punya keinginan berbeda-beda, Ada yang ingin Ofroad, Ada yang ingin Touring, Dan ada pula yang kepingin lari pagi yaitu saya😄😄. Dari pada berdebat akhirnya kami berpisah selama kurang lebih 1 jam. Dan nanti akan berkumpul kembali setelah aktifitasnya masing-masing selesai, Hingga berkumpul kembali didepan pintu gerbang utama kampus UI yang bersebelahan dengan stasiun kereta api UI.

Akhirnya sayapun bisa lari pagi sekaligus bermain sepeda. Sepedapun saya tuntun sambil berlari, Meski tidak semua orang mampu melakukan hal itu. Tetapi berlari sambil menuntun sepeda bukan masalah bagi saya. Ciieeee..😄😄 Sayapun berlari pagi dengan hati senang sambil cuci mata melihat gadis-gadis cantik yang juga ikut berlari pagi atau jalan santai. Dan saya berharap para gadis itu ada yang tertarik dengan ketampanan saya yang Signifikan.😂😂😂😂 Hoooeeekkss!!..




3 putaran telah berlalu dan sayapun merasa bangga dan suasana pagi itupun tampak segar terlebih bisa larak-lirik para gadis cantik, 😄😄 Baik yang olah raga maupun yang hendak aktifitas kuliah.

Akan tetapi...? Setelah tiga putaran berlalu saya berlari sambil menenteng sepeda, Ternyata ada keanehan pada tubuh saya kaki terasa kram, dan mata berkunang-kunang. Dan kejadian ini persis didepan Fakultas Ilmu Keperawanan, Eehh salah maaf. Keperawatan maksudku.😂😂😂

Sayapun mencoba untuk bertahan namun kram itupun semakin menjadi dikedua kaki saya, Bahkan terus bertambah sakit hingga akhirnya saya sempoyongan dan....Akhirnya tiiiidaaakkkk!!!...😱😱😱 Biasa aja keleees!!.

Buru-buru saya menepi kesebuah halte Bus kuning UI. Beruntung sayapun bisa menguasai diri dan melonjorkan kaki saya sambil mengatur nafas yang juga mengap-mengap. Hampir satu jam saya menenangkan diri sambil memijit-mijit kaki yang kram sambil berkata dalam hati kok bisa seperti ini, Apa penyebabnya pula.😱😱 Ditambah cuma saya sendirian ditempat itu karena yang lain sedang sibuk dengan pelajaran kuliahnya meski sebagian ada yang libur juga.




Dan bersyukur keadaanpun tubuh sayapun Berangsur-angsur pulih dan sayapun bisa tersenyum kembali seperti photo diatas, GANTENGKAN GW.😱😂😂...Hiihiiiii..




Setelah semuanya tidak ada masalah lagi akhirnya saya mulai menggerakan kaki saya untuk berjalan pelan, Kebetulan pula disitu ada Indomaret sayapun bisa membeli sebotol air mineral dan balsem gosok untuk sekedar berjaga-jaga. Dan dengan terpaksa acara lari paginya saya tidak teruskan, Berganti dengan bersepeda perlahan-lahan sambil menemui teman saya didepan gerbang utama kampus UI.


~ LALU APA PENYEBAB KRAM MENDADAK YANG TERJADI PADA TUBUH SAYA INI ~

Sebelum saya jawab coba lihat lagi deh photo diatas dalam keadaan cidera saja Gantengnya kaga mau ilang. Masyaallah!!..😂😂😂😂 Yaa berobat dah..

Lalui seperti ini penyebabnya dan mungkin bisa jadi tips bagi anda juga sebelum melakukan olahraga baik Lari maupun Bersepeda.

1. Bersepeda saat kondisi dingin yang akan menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh menjadi terganggu sehingga aliran darah tak lancar. Karena sebelum berangkat bersepeda cuaca habis hujan ditambah sayapun sempat sarapan berlebihan.

Ditambah pula Aliran darah yang menuju otot berkurang karena adanya tumpukan asam laktat pada aliran darah dan mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi kurang sempurna. Nah saya pribadi sempat melalaikan hal itu maklum hampir setahun nggak Bersepeda lagi, Terlebih lari pagi.

~ PENJEGAHANNYA ~

Sebelum bersepeda atau lari pagi, Lakukanlah pemanasan serta peregangan. Anda dapat berjalan atau bersepeda dengan kayuhan ringan selama lima hingga sepuluh menit. Lebih bagus setengah jam.

Kram kaki saat bersepeda atau lari pagi dapat cegah dengan tidak memaksaan diri untuk mengayuh sepeda atau berlari tanpa beristirahat. Apabila nyeri otot terjadi, segeralah berhenti dan beristirahat untuk memijat kaki yang kram atau nyeri.

Jangan makan terlalu berat sebelum berolahraga, karena makanan tinggi kalori akan membuat tubuh mengalirkan darah ke sistem pencernaan terlebih dahulu untuk membantu proses pencernaan makanan. Sementara itu, saat mulai berolahraga, darah akan ditarik dari perut dan dialirkan menuju otot, sehingga proses pencernaan akan terganggu dan menimbulkan perasaan mual, sakit perut, bahkan muntah. Naah seperti baiknya, Meski saya sendiri terkadang suka melalaikannya.😄😄




Akhirnya kejadian itu, Saya ceritakan sama teman sepeda satu komunitas yang berjumlah 15 orang yang sejak tadi memang sudah menunggu saya untuk melakukan Ofroads sepeda, Namun setelah mendengar kejadian yang saya alami mereka melarang saya untuk ikut Ofroads. Sayapun sependapat dengan mereka dan lebih memilih jadi penonton saja.




Sambil menunggu teman-teman sedang Ofroads sepeda yaa duduk santai saja, Masih tetap Ganteng kok kali aja ada perawan atau janda yang melirik.😂😂😂😂...Amit-amit kata yang baca.😂😂😂




Dan dari pada jenuh menunggu sayapun berinisiatif untuk menggoes sepeda secara pelan mutar-mutar sekitaran kampus UI hingga akhirnya pagi berganti siang saya dan rombongan segera meninggalkan kampus UI untuk menuju pulang kerumah masing-masing.

Meski sebentar namun sangat berarti bagi saya karena selama hobi bersepeda dari zaman kompeni baru kali ini mengalami cidera kram kaki yang cukup mengagetkan, Dan ironis memang jarak dekat kok kram kaki.?😱😱 Dulu goes Depok - Sukabumi saja aman-aman saja.



~ THANK ~ YOU ~