Haloo haii para blogger bagaimana nih kabarnya tentunya masih setia dong dengan gaya serta topeng-topengmu, Baik apapun itu seperti biasa saya hanya berharap semoga kalian selalu sehat tanpa kurang satu apapun.😊 Naah kali ini saya akan mengulas tentang awal pertama kali mengenal blog yang bernama MANIAKMENULIS.COM Seperti apa, Tapi sebelum saya mengulas lebih jauh tentang blog Maniak-menulis dibawah ini ada berapa blog yang dikelola oleh sang empu yang sama. Jadi selain Maniak-menulis sang empu juga mengelola beberapa blog dibawah ini.

1. ~WWW.ANTONARDYANTO.COM~
2. ~WWW.MANIAKMENULIS.COM~
3. ~WWW.UMUMSEKALI.COM~
4. ~WWW.CELOTEHHIJAU.COM~
5. ~WWW.MANIAKPOTRET.COM~
6. ~WWW.BLOGOPIX.COM ( Bahasa Inggris )~
7. ~WWW.TALKINGINDONESIA.COM ( Bahasa Inggris )~
8. ~WWW.FOTOGRAFY.LOVELYBOGOR.COM~
9. ~WWW.LINGKUNGAN.LOVELYBOGOR.COM~
10. ~WWW.POJOKMENULIS.COM~
11. ~WWW.BISNISLOVELYBOGOR.COM~
12. ~WWW.CELOTEHORANGTUA.COM~
13. ~WWW.LOVELYBOGOR.COM~
Woow!, Luar biasa bukan...😳😳 Perternak blog mungkin itu sebutan untuk sang adminnya. Menariknya lagi dari sekian peternak blog lainya, Cuma beliau ini yang boleh dikatakan cukup konsisten untuk mengisi blognya dengan artikel-artikel menarik. Mengapa.? Bukan berarti blogger lainnya tidak bisa seperti beliau akan tetapi jika saya perhatikan jika blogger lain yang juga peternak blog, Akan menjeda, Atau memberi jarak untuk mengisi blog-blog yang ia kelolanya. Sebagai contoh jika peternak blog lainya akan mengisi dua blog dalam sehari, Tetapi sisanya akan terbengkalai bahkan bisa hampir sebulan lebih baru ada tulisan terbaru. Sangat berbeda dengan beliau sang empu Maniak-Menulis ini, Yang mampu mengisi hampir seluruh blog ternakannya dengan jeda waktu seminggu atau dua minggu. Yaa seandainya sebulan hal yang wajar karena nominal blognya yang ia kelolanya boleh dikatakan cukup banyak...Kalau saya yang mengelola blog dengan jumlah 13 buah mungkin sudah langsung Stroke duluan, Dan angkat tangan.😊😊 Yaa maklum tahu blog juga baru bulan ini, Kan masih pemula.😊😊

Nah itulah sedikit ulasan tentang Maniak-Menulis yang saya rasa para blogger hampir sudah pada tahu, Jika belum ulasan diatas sudah cukup mewakili untuk anda baca atau bisa mengklik langsung link blog-blog diatas jika penasaran ingin tahu keseluruhannya.

Ok sekarang kita kembali ketopik diawal yang mana saya akan sedikit bercerita awal pertama kali mengenal blog Maniak-Menulis.

Era tahun 2016 saya masih menulis atau ngeblog di Mywapblog.com yang mana pada saat itu gonjang-ganjing berita penutupan Mywapblog.com sudah sangat jelas dan makin santer terus terdengar ditelinga. Hingga pada akhirnya penutupan Mywapblog.com tinggal menunggu hari saja. Kegalauan pada diri sayapun terjadi, Bahkan para sahabat-sahabat di Mywapblog.com banyak yang selalu bertanya. Ingin kemana, Ngeblog dimana lagi, Atau berhenti total dari menulis dengan alasan tak ada yang senyaman ngeblog diMwb, Menurut sahabat-sahabat di Mywapblog.com kala itu. Sayapun semakin hanyut dalam kesedihan dan makin penuh kebimbangan. Ditengah kebimbangan yang terus melanda sayapun mencoba membuat blog baik di Wordpress, Blogger, Dan hampir disemua blog ponsel pengganti Mywapblog.com saya buat juga kala itu. Dan berharap bisa berkumpul kembali dengan sahabat-sahabat di mywapblog.com secara utuh.

Namun fakta dan kenyataannya tidak demikian, Semua sahabat-sahabat di Myapblog.com lebih memilih jalannya masing-masing dan bercerai-berai tak beraturan. Hingga singkat cerita sayapun kembali menulis di wordpress serta blogger dan beberapa blog ponsel pengganti Mywapblog.com. Namun semuanya sempat tak bisa membuat saya menulis dengan benar dan terarah. Sehari menulis sebulan tidak sama sekali. Bahkan ini terjadi hampir beberapa bulan kedepan. Meski mempunyai blog banyak tetapi cuma ada 2 sampai 3 postingan saja. Rasa malas dan kurang semangat seolah lebih mendominisasi pada diri saya, Dengan alasan tidak seramai di Mywapblog.com dan merasa kesepian. Dan sejak itu saya lebih memilih menjadi orang yang hobi membaca saja, Ketimbang menulis, Selebihnya waktu yang tersisa lebih banyak saya gunakan untuk bermedsos ria sambil ber Haahiiii..Huuhhooo...Uuhuugg..Uhuug.🀣

Dan jika sudah bosan bermedsos ria biasanya saya kembali membaca-baca dari situs-situs besar, Hingga kalangan tulisan dari seorang blogger biasa baik Wordpress atau Blogspot tak luput dari bacaan saya setiap hari. Bahkan dengdengkot blogspot era tahun 2004 sampai 2007 masih kerap saya jumpai kala itu namun saya lebih suka membacanya saja ketimbang berkomentar.

Hingga pada akhirnya saya terdampar disebuah blog yang bernama Maniak-Menulis, Dengan artikel yang berjudul...~Semua Orang Bisa Menulis Artikel Kemauan Adalah Kuncinya, Bukan Bakat~ Dan bagai terhipnotis saya membaca tulisan tersebut sampai selesai. Postingan tersebut menjelaskan menulis Artikel Dan Surat Cinta Tetap Sama. Inti dari semuanya menulis begitu bunyi tulisan yang saya baca dikalimat pertengahannya. Entah mengapa saya jadi tertarik pada blog Maniak-Menulis singkat cerita saya save nama blog tersebut pada browser Google Crome saya. Entah siapa pemiliknya kala itu saya tidak perduli sampai sayapun mencoba membaca artikel lainnya yang boleh dikatakan tidak banyak. Apakah Maniak-Menulis sebuah blog baru kala itu...Saya tidak tahu.

Sebulan berlalu setiap ada waktu luang saya selalu menyempatkan diri membaca-baca tulisan yang ada di blog Maniak-Menulis sampai pada akhirnya saya kembali disuguhkan dengan tulisan baru entah sudah artikel yang keberapa kala itu saya tetap tidak perduli. Sampai saya kembali membaca sebuah tulisan yang berjudul. ~Blog Gagal Itu Seperti Apa..??~ Sayapun sangat serius membacanya, Dan boleh dikatakan artikel tersebut penjelasannya sangat panjang tetapi tetap mudah saya pahami. Menyikapi hal ini sayapun seperti dibuat semangat untuk kembali menulis lagi, Meski pada saat itu sempat bingung harus menulis di Blog ponsel pengganti Mwb, Atau di Blogspot dan Wordpress. Karena 3 blog tersebut sudah saya isi dengan berbagai postingan yang cuma ada beberapa artikel saja. Setelah menimbang dan memutuskan, Sayapun memilih menulis di Blog ponsel pengganti Mwb untuk yang pertama, Dan untuk yang kedua di Blogspot, Cuma Wordpress saja yang jarang saya buat postingan.

Sejak saat itu setelah selesai menulis di Blog ponsel saya langsung loncat ke Blogspot membuat tulisan kembali. Karena di Blogspot sangat mudah mencari pengunjung, Karena boleh dikatakan saya pemain lama. Berbeda dengan Blog ponsel yang hampir tidak ada pengunjung karena banyaknya blogger baru yang buangan dari Mwb yang sudah menutup layanannya kala itu. Sayapun mencoba blogwalking kesesama pengguna Blogspot, Dan kala itu punya pula blogger baru yang bermunculan di Blogspot, Bahkan lebih mendominisasi ketimbang blogger lama meski ada beberapa juga yang masih aktif kala itu.



Gambar By : Celotehorangtua.com

Akhirnya sayapun mulai bisa beradaptasi kembali dengan lingkungan Blogspot. Tak membutuhkan waktu lama sayapun mulai punya sahabat-sahabat baru di Blogspot meski tak senyaman kala di Mwb dulu. Dan sejak itu pula saya mulai mengurangi yang namanya aktifitas membaca, Termasuk membaca tulisan yang ada di blog Maniak-Menulis. Bahkan dalam sebulan hanya sekali mengunjunginya, Ada keinginan untuk berkomentar di blog Maniak-Menulis kala itu, Tetapi yang ada pada benak saya berpikir lain. Dan saya menganggap admin blog Maniak-Menulis hanya hobi menulis saja tanpa pernah memikirkan para pengunjung terlebih untuk blogwalking. Dan saya sangat yakin bahwa admin blog Maniak-Menulis seorang blogger silent. Karena selama saya blogwalking jarang menemukan blog Maniak-Menulis berkomentar di Blog orang lain...Dan inilah awal dari kebodohan yang saya tidak ketahui kala itu.

Hari terus berlalu seiring waktu yang terus berjalan hingga akhirnya memasuki tahun 2017 saya sudah terbiasa kembali dengan yang namanya menulis di Blogspot. Namun bagi saya semuanya tetap biasa saja meski banyak juga bertemu dengan sahabat-sahabat mantan blogger Mwb yang pindah di Blogspot tetapi yang memang sudah berbeda, Lain dulu lain sekarang. Mereka lebih banyak memilih menjadi blogger silent. Hanya beberapa glintir saja mantan blogger Mwb yang mau seiring sejalan dengan saya kala itu.

Sampai dipengujung akhir tahun 2017 banyak blog-blog ponsel berguguran karena kurang dana untuk membiyayai server terbaik, Begitu menurut berita yang saya dengar tak mau dipusingkan hal semacam itu kembali, Sayapun meninggalkannya dan hanya Blogspot dan Wordpress yang saya tetapkan untuk menulis. Antara Blogspot dan Wordpress, Saya lebih memilih ke Blogspot untuk blog utama sisanya jika ada waktu barulah saya menulis di Wordpress.

Hari berganti minggu, Minggu berganti bulan singkat cerita era tahun 2018 pun berakhir, sampai pada era pertengahan tahun 2019 dikala saya sedang blogwalking santai disuatu sore saya membaca sebuah artikel disebuah blog tentang arti kehidupan entah blog siapa saya juga lupa dan dalam hal berkomentar banyak para komentator yang berkata..."Waah ulasannya menarik, Bisa saingan nih sama blog bapak Anton".....Begitu kata para komentator wanita yang saya juga lupa siapa namanya.🀣 🀣 sayapun hanya biasa saja. Tertarik pun tidak.. Hingga seminggu berlalu dikala saya sedang bermedsos ria, Saya membaca status seorang sahabat blogger yang bernama Reyne Raea, Entah apa statusnya kala itu, Yang jelas pada kata terakhirnya ia menyebutkan nama bapak Anton dan mengagung-agungkannya. Status beliaupun dikomentari oleh Kang Nata yang lebih mengagung-agungkannya kembali nama bapak Anton.😳😳

Sampai pada era tahun 2020 kala saya sedang berkunjung keblog sahabat saya Reyne Raea saya membaca tulisan diblognya tentang seorang yang menginspirasi yaitu bapak Anton. Postingannya tentang apa saya juga lupa.🀣 🀣 Setelah saya berkomentar diblognya, Saya sempat berpikir apa yang menarik dari bapak Anton ini. Tak ingin penasaran sayapun mencoba mengklik nama tersebut yang langsung mengarah keblognya Dan.......Astaga Naga, Sayapun terkesima dan tak bisa berkata-kata kembali, Ada banyak blog disana...Dan ada sesuatu yang tak asing bagi saya yaitu Maniak-Menulis. Merasa tak percaya dan bagai mimpi sayapun kembali mengklik blog Maniak-Menulis sambil kembali mengutak-ngutik artikel yang pernah saya baca pada era tahun 2016 Dan ternyata artikel itu masih ada, Cuma tampilan blognya saja yang berubah ditambah sudah banyak artikel terbaru di Maniak-Menulis. Sayapun merasa senang dan bercampur malu. Ingin berkomentar bimbang, Karena hampir tiga tahun lebih kenal Maniak-Menulis sama sekali tdak pernah tahu siapa admin atau pemilik blognya...Dan siapa sangka ternyata admin blog Maniak-Menulis dan sekutunya ternyata seorang ABG 17 tahun, Eehh salah maaf.🀣🀣 🀣 Maksud saya seorang pria yang cukup matang, Yaa dibilang paruh baya bukan, Dibilang Abg yaa kebangetan juga.🀣 🀣 🀭

Menyikapi kejadian ini sayapun hanya bisa nyengir kuda. Rasa malu masih mengglayuti pikiran saya waktu itu hingga niat berkomentarpun saya batalkan. Justru saya makin tertarik dengan blog-blog beliau lainnya, Seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Ada perasaan senang waktu itu, Setelah puas membaca blog-blog beliau yang baru saya tahu, Dari sekian banyak blog beliau yang ada entah mengapa saya lebih tertarik dengan blog yang bernama ~Si Anton~ Bukan berarti blog lainya tidak bagus, Namun jika disuruh memilih dari sekian blog yang ada, Si Antonlah pilihan utama saya. Santai, Lembut dan lebih mengalir bah sungai Ciliwung yang ada dikota Bogor.🀣 🀭

Sejak saat itu saya sering berpatroli ke semua blog beliau dan kembali seperti dulu menjadi pembaca gelap. Sayapun terkagum-kagum karena dari sekian peternak blog yang saya tahu cuma beliau yang boleh dikatakan konsisten mengurus blog yang jumlahnya 13 blog.😳 Luar biasa.

Tak sampai disitu saja, Karena boleh dikatakan hampir seluruh blog yang beliau miliki saya baca dan telusuri dari sana pula saya tahu data diri tentang beliau yang ternyata seorang pria lulusan sastra Jepang Universitas Indonesia. Dengan blognya pula beliau mampu memberikan tulisan menarik pada setiap pembacanya sesuai dengan fakta dan realita kehidupan yang ada... "Mauan amat yaa lulusan UI lebih Memilih jadi blogger Blogspot".🀣 🀣 🀣

Seringnya menjadi pembaca disemua blog yang beliau miliki saya pribadi pun berencana ingin mempersiapkan diri untuk berkomentar diblognya, Karena dengan begitu setidaknya ada harapan untuk kenal dengan beliau lebih dekat. Dan bersyukur keberuntungan masih berpihak kepada saya, Entah setan dari mana yang merasuki pada diri beliau akhirnya tanpa saya duka beliau datang mengunjungi blog butut yang saya miliki dengan berkomentar bergaya khas anak muda yang menggunakan kata "Broo"....Meski pada saat itu saya tidak merasa turun Bero.🀣 🀭

Ini hal luar biasa yang saya alami didunia blogger, Sesuatu yang sedang menjadi target saya ternyata datang dengan sendirinya. Sontak saja tanpa basa-basi sayapun langsung memberikan komentar diblognya. Meski boleh dikatakan kehadiran saya diblog beliau menjadi tanda tanya besar bagi dirinya karena seolah sok kenal, Sok dekat dan sok akrab. Karena dari saya pribadi memang tidak pernah menceritakan bahwa saya sudah mengenal blog beliau sejak tahun 2016 lalu. Dan saya memang sengaja tidak menceritakan hal ini kepada beliau. Biarlah ia kebingungan sendiri.🀣 🀣 Karena apa yang ada dipikiran beliau atas kehadiran saya diblognya saya juga tidak tahu.

Seiring waktu yang terus berjalan akhirnya singkat cerita sayapun kenal dekat dengan admin blog Maniak-Menulis dan 12 blog lainnya yang dimilikinya.😊 Beliau tak lain dan tak bukan adalah bapak Anton Ardyanto atau Engkong Anton Ardyanto seorang pria yang memiliki ketamvanan weleh-weeleeh.😳🀭 Dan sejak itu sayapun bisa saling berkunjung keblog masing-masing...Meski awal tahun 2016 saya menduga beliau itu seorang blogger silent, Ternyata prediksi itu salah besar..😁 Karena beliau juga tak ubahnya bah seekor burung yang selalu hinggap disemua blog yang ia mau komentari.😊

Walau banyak blogger-blogger sesepuh terdahulu yang katanya banyak memberi inspirasi menarik, Tetapi Engkong Anton ini tetap setara dengan blogger-blogger tersebut. Bahkan punya nilai lebih dimata saya.

Demikianlah sedikit ulasan singkat saya, Sewaktu awal mengenal blog Maniak-Menulis. Mungkin sebelum saya mengenal blog Maniak-Menulis, Tentunya para blogger baik yang baru, Maupun lama sudah lebih tahu ketimbang saya. Tetapi sekedar mengingatkan saja terutama blogger baru. Yang ingin punya wawasan menulis dan membaca lebih dalam sepertinya 13 blog yang bapak Anton Ardyanto miliki bisa dijadikan ajuan menarik buat anda. Sebagai contoh ingin punya tata bahasa yang baik ada diblog beliau, Ingin tahu tentang kehidupan kota dan dunia photografer ada diblog beliau, Ingin tahu tentang lingkungan hidup oohh tentu ada diblog beliau. Atau anda yang tinggal di Jabodetabek ingin tahu tentang seluk-beluk kota Bogor mungkin tak ada salahnya untuk membaca blog ~Lovely~Bogor~ Banyak hal menarik tentang kota hujan Bogor yang bisa anda dapatkan dari kulinernya, Sejarah kota Bogor itu sendiri dan hal menarik lainnya.

Naah bagaimana dengan anda para blogger baik pria maupun wanita punya kesan menarik tentang blog Maniak-Menulis, Atau mungkin blog lainnya, Seperti yang tertera diatas. Apapun itu jika anda mau bisa berbagi dengan saya pada kolom komentar dibawah ini.





~ CUMA ISENG SAJA ~

Sekedar tambahan 😁 Perhatikan 3 photo sang empu blog Maniak-Menulis diatas. Apakah ia hobi memakai baju putih? Tentunya anda dan saya akan menjawab tidak tahu...Dan apakah ia cocok memakai baju putih?

Menurut penilaian saya,😁🀭 Beliau ini kurang cocok memakai baju berwarna putih, Karena dari bentuk muka, Rambut serta kacamata yang ia pakai sangat bersebrangan dengan warna putih. Sebagai contoh coba lihat photo beliau yang sedang berdua dengan sang istri, Beruntung warna alam pemandangan laut sedikit membatu menetralisir warna baju putih yang ia pakai jadi aura yang terbuang pada dirinya sedikit tersamarkan....Coba bayangkan kalau saja ia memakai baju kemeja hitam bercorak putih, Atau kaos biru yang bergambar Tentunya kesan gagah dan sinar aura jiwanya akan nampak berkesan menarik mengitari dirinya.

Naah sekarang photo yang kedua dan terakhir...Photo dan gayanya sederhana saja, Namun karena kurang cocok dengan warna putih semuanya tetap berkesan layu, Karena auranya terbuang semuanya. Bayangkan jika ia memakai warna baju yang berbeda mungkin ceritanya akan menjadi lain, Aura akan tetap ada pada dirinya.😊😁

Demikianlah kumur-kumur dari saya hari ini percaya syukur nggak yaa kebangetan.🀣 🀣 🀭. Sudahlah kong Anton nggak usah manyun gitu...Santuuyyy!.😁😁



~ THANK ~ YOU ~