Haaloo! Bestie... Ciieeiilee jijay amat gue nyebutinnya 🤣 🤣 🤣

Ok Bestie kita Kembali dalam coretan sebuah kenangan.😁😁 Dan kenangan saya kali ini adalah tentang sebuah blog, yang boleh dikatakan blog tersebut telah hilang dan lenyap sejak tahun 2016 lalu. Namun karena ada banyak suka dan dukanya jadi saya ingin kembali mengenang masa-masa tersebut.

Berawal dari sebuah facebook yang kembali mengingatkan saya dengan blog tersebut lewat kilas balik sebuah kenangan. Dan dari situ pula semuanya ingin saya kenang kembali dengan sebuah tulisan pada blog yang berbeda pula. Seperti apa berikut kisah kenangan saya dibawah ini yang boleh dikatakan belum terlalu lama.😁

Setelah meninggalkan Wordpress dan blogspot saya sudah tidak tertarik lagi dengan yang namanya dunia blogging atau menjadi seorang blogger. Akan tetapi era tahun 2011 tanpa sengaja saya melihat sebuah platform blogging yang hanya menggunakan ponsel saja karena tampilannya yang unik dan lucu entah mengapa tanpa ragu dan malu sayapun kembali tertarik menjadi seorang blogger.

Platform tersebut adalah Mywapblog.com atau yang lebih dikenal dengan Mwb Pea. Eehh sorry nggak pake Pea cuma Mwb saja.🤣 🤣 🤣 Meski sudah mempunyai blog di Mwb pada saat itu saya bingung mengoprasikan blog tersebut... Dan pada masa itu di Mwb para blogger yang saya kenal lebih dominan keanak Smp dan Smu. Bahkan mahasiswa hampir tidak ada, karena ingin tahu secara detail cara menulis diplatform blog Mwb dengan terpaksa akhirnya saya bergabung dengan mereka dan mengaku masih anak Smp pula. Karena profil blog saya hanya menggunakan photo bergambar angka 007 atau James-Bond akhirnya mereka percaya bahwa saya masih seumuran dengan mereka semua.

Singkat cerita akhirnya saya menjadi seorang blogger Mwb dan mempunyai banyak teman dunia maya dari sabang sampai marauke. Dan para blogger Mwb terbagi menjadi tiga kubu pada saat itu. Kubu pertama dari pulau Sumatra, kedua dari Aceh dan paling mendominisasi dari pulau Jawa. Sisanya berjiwa netral, yang dalam artian berteman dari suku mana saja. Karena awal mengenal Mwb teman saya lebih banyak dari pulau Sumatra dan Aceh akhirnya saya lebih dekat dengan blogger-blogger dari pulau Sumatra. Bahkan saya dahulu berpikir Mwb diketuai oleh orang-orang Sumatra.😁😁

Namun seiring waktu yang terus berjalan karena rajin mengepakan sayap akhirnya sayapun punya banyak teman blogger dari pulau Jawa, singkat cerita setelah punya blog lebih dari satu pada pertengahan tahun 2014 sayapun berniat membuat blog yang bertema tentang misteri seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.👇





Setelah gunting pita selesai ciieeiilee! 🤣 🤣 🤣 Akhirnya saya mempunyai blog tentang misteri dengan postingan perdana yang berjudul 'Gadis Berbaju Merah Ditelaga Warna' sebuah kisah nyata yang saya alami dikawasan puncak Bogor kala itu. Dan blog misteri yang saya buat pada era 2014 tak semuanya berkisah tentang misteri atau hal yang berbau mistis saja, akan tetapi ada juga postingan tentang situs sejarah kota Depok, mencari pasangan sesuai dengan zodiak, ada juga memikat wanita secara mistis dari tanggal kelahirannya dan sebagainya. Perlahan tapi pasti blog misteri yang bernama seperti yang tertera diatas setelah mempunyai 10 post terbaru akhirnya siap melakukan BW kesesama blogger Mwb.

Hadirnya blog misteri yang saya buat tetap menjadikan sang admin menyembunyikan identitasnya. Jadi pada saat itu teman blogger di Mwb tak ada yang pernah tahu bahwa blog misteri itu milik saya. Dan pada umumnya di Mwb jika ada blog baru yang sedang BW akan padang sebelah mata oleh para blogger senior yang katanya sudah ahli dan berpengalaman dalam dunia blogging padahal wawasan sebenarnya masih seupil.🤣 🤣

Rajinnya saya berkunjung keblog teman-teman Mwb membuat blog misteri saya cepat mendapatkan balasan komentar, meski yang berkomentar tidak sesuai dengan isi tulisan yang saya buat. Mereka lebih cendrung berkomentar nyimak gan, kunjungan perdana gan, wah seram yaa gan ceritanya, bahkan seorang teman blogger yang sudah dekat dengan saya jika berkunjung keblog misteri yang saya punya hanya berkomentar...'Kunbal sukses sob'😬 Padahal blog ia miliki banyak aturan dalam menyikapi para komentator. "Maklum mau untung nggak mau buntung"... Itulah sebagian blogger Mwb yang bermental keblinger.🤣 🤣

Menyikapi hal itu sayapun tetap berusaha tenang, Karena hal-hal seperti itu sudah tak asing lagi bagi saya karena itulah suka dan duka menjadi seorang blogger di Mwb, terkadang mereka yang lebih senior atau berusia lebih tua sering bersifat seperti bocah atau anak-anak. Maka tak heran jika banyak yang bilang 70% blogger Mwb bermental seperti bocah.🤣 🤣 Meski mereka selalu ngeles jika dibilang seperti itu.😁😁

Dan adanya blog misteri yang saya buat, hal itu selalu saya manfaatkan untuk menyindir para blogger Mwb yang sok merasa dirinya hebat atau sudah merasa sebagai ahli Seo, meski faktanya mereka sering pada keseleo.🤣 🤣 🤣 jadi blog misteri yang saya buat sering saya jadikan ajang pertempuran dan keributan pada sebagian blogger Mwb. Dan lucunya ada seorang blogger Mwb yang sangat teramat benci dengan blog misteri yang saya punya, akan tetapi diblog saya yang lainnya ia merasa teramat senang bersahabat didumay dengan saya.🤣🤣 🤣 Bahkan ia sering curhat kepada saya tentang blog misteri yang selalu bikin rusuh diblognya. Mendapatkan hal itu saya hanya menyarankan kepadanya agar jangan ditimpali jika hanya berdebat didumay, walau dalam hati saya selalu menahan rasa geli dan ingin tertawa jika mendengarkan keluh-kesahnya.

Meski pada akhirnya ada beberapa blogger Mwb yang tahu bahwa blog misteri itu milik saya, terutama para blogger dari Sumatra akan tetapi meski begitu semua blogger Mwb yang sering berdebat dengan saya hampir tidak pernah tahu siapa saya hingga Mwb bangkrut dan menutup layanannya.





Dan yang terakhir, jika pada gambar pertama ada sebuah blog misteri, pada gambar kedua ada sebuah blog toko plastik yang saya buat berbarengan dengan blog yang pertama, cuma beda sebulan saja. Jadi awalnya saya buat blog misteri selang sebulan atau lebih barulah blog untuk toko saya buat. Awalnya saya buat cuma iseng-iseng saja namun siapa sangka setelah saya rajin promosi dengan pin BB serta nomor ponsel. Toko saya jadi banyak dikenal orang didunia maya. Bahkan kala itu saya sudah menerapkan sistem belanja online meski tidak secanggih sistem sekarang pada waktu itu.

Uniknya lagi setelah hampir tiga bulan berlalu blog toko yang saya kelola selalu kebanjiran order dari berbagai daerah setelah saya pertimbangkan matang-matang akhirnya saya lebih memilih bermain aman dengan melayani pelanggan disekitaran Jabodetabek saja, karena kala itu armada ditoko saya belum sebanyak seperti sekarang ini. Adanya blog misteri dan blog toko membuat saya harus berpacu dengan waktu, jadi sedikit waktu selalu saya manfaatkan untuk mengisi postingan blog yang ada hampir 7 blog, semuanya di Mwb. Awalnya saya merasa keteteran dan ponsel saya tak pernah berhenti untuk berdering, setiap saya angkat pasti banyak orang yang berbasa-basi bertanya-tanya tentang plastik dan sejenisnya, meski menjengkelkan tetapi terkadang menghasilkan uang pula jika harga barang yang saya tawarkan cocok dihati para pelanggan.

Adanya blog toko diflatform Mwb membuat saya punya semangat tersendiri kala itu untuk menulis. Meski saya tahu era tahun 2014 banyak blogger-blogger atau para senior Mwb yang mulai malas menulis dengan alasan bosan dan lebih memilih untuk vakum beberapa minggu atau bulan. Tetapi saya tidak peduli dengan hal itu. Bahkan era tahun 2014 saya lebih mementingkan banyak menulis ketimbang BW kesesama blogger Mwb.

Sampai akhirnya pada era tahun 2015 saya membuat blog toko kembali di Blogdetik jadi saya mempunya dua blog ditempat yang berbeda. Dan singkat cerita seiring waktu yang terus berjalan akhirnya Mwb menutup layanannya semua blogger banyak yang kecewa, dari yang rajin menulis sampai yang malaspun ikut protes kepada mister Arfin Pea...Eeh Gupta maksud saya.🤣 🤣 🤣 Agar beliau tidak menutup platform Mwb.

Akan tetapi si Arfin Gupta tetap kekeh pada pendiriannya dan ingin menutup Mwb. Atas kejadian ini membuat saya bingung menentukan pilihan. Apakah ngeblog kembali ditempat yang berbeda atau berhenti menjadi seorang blogger selamanya. Sayapun nampak plin-plan kala itu, meski tutupnya Mwb banyak blog-blog ponsel sekelas Mwb mulai unjuk gigi, tawaran demi tawaran datang menghampiri saya agar mau menjadi blogger kembali dengan menulis diplatform yang serupa dengan Mwb.

Akhirnya saya menerima tawaran tersebut dengan kembali ngeblog diplatform yang berbeda tetapi dengan rasa seperti di Mwb. Namun apa yang saya lakukan disana tidak terlalu serius sampai akhirnya saya mengambil keputusan untuk kembali lagi ke Blogspot & Wordpress. Dan era tahun 2016 Mwbpun menutup layanannya dengan total. Sialnya saya lupa menyimpan file template pelangi milik blog toko saya. Dan apapun yang berhubungan dengan Mwb baik template, artikel serta scrif-scrif lainnya, semuanya hilang lenyap ditelan zaman.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang dua blog saya yang sempat trend pada masa Mwb masih berjaya. Sebenarnya panjang dan menarik jika ingin saya tulis semuanya, tetapi berhubung waktunya tak mencukupi ditambah juga saya orang yang sangat super sibuk, nggak tahu apa yang disibukkin.🤣 🤣 🤣 Jadinya yaa harap dimaklumkan.😁😁 Dan apapun itu sesuatu memang harus berubah karena setiap masa pastinya punya sesuatu hal yang sangat berbeda dimasa yang akan datang nantinya.

Nah. Bagaimana dengan anda punya cerita menarik tentang sebuah blog yang telah hilang atau tanpa sengaja terhapus karena sebab suatu hal. Baik apapun itu jika anda mau bolehlah berbagi cerita dengan saya pada kolom komentar dibawah ini.



~ THANK~YOU ~