Tsunamiaceh7

Gambar Ilustrasi


Setelah Aceh yang dilanda tsunami tahun 2004 kini Palu pun ikut merasakan dari dasyhatnya tsunami tersebut. Semua masyarakat penjuru negri pun ikut berduka dengan adanya kejadian bencana alam maha dasyhat ini. Bicara soal tsunami yang melanda kota Palu dan Donggala kali ini saya akan mengulas beberapa tsunami terdasyhat yang pernah terjadi sebelumnya baik dieropa dan asia berikut ulasan dibawah ini.

1. TSUNAMI KOTA LISBON PORTUGAL

Tsunami berkekuatan mencapai 9,0 SR ini terjadi di daerah Lisbon, Portugal, tepatnya pada 1 November 1755.

Akibat besarnya kekuatan gempa, bangunan-bangunan di sana pun roboh dan juga mengakibatkan kebakaran yang membuat banyak orang meninggal dunia dengan cara terbakar hidup-hidup.

Nggak berhenti sampai di situ, 40 menit setelah gempa muncul gelombang tsunami yang tingginya hampir mencapai 30 meter dan menyebabkan sekitar 70 ribu orang di Portugal, Spanyol, dan Maroko meninggal dunia.

2. TSUNAMI GUNUNG KARAKATAU INDONESIA

Pada tahun 1883 lalu, terjadi letusan gunung api krakatau yang bahkan menjadi letusan gunung berapi paling mematikan sepanjang sejarah modern.

Tiga letusan pertama menyebabkan ledakan yang hebat, sedangkan letusan keempat menyebabkan tsunami yang merusak daerah-daerah di sekitar pesisir dan menewaskan lebih dari 36 ribu orang akibat bencana ini.

3. TSUNAMI ACEH INDONESIA

Gempa bumi berkekuatan 9,1 SR mengguncang daerah sekitar Aceh yang juga menyebabkan gelombang tsunami setinggi 30 meter pada tahun 2004 lalu dan bahkan mencapai daratan Afrika dalam waktu beberapa jam.

Dahsyatnya tsunami Aceh menyebabkan 230 ribu korban jiwa dari 14 negara, yang 170 ribu di antaranya berada di Indonesia dan menjadi bencana alam terparah sepanjang sejarah modern.

4. TSUNAMI TOHOKU JEPANG

Negeri Sakura ini diguncang gempa berkekuatan 9,1 SR pada Maret 2011 lalu, tepatnya di bawah laut lepas pantai Jepang.

Gempa yang mengakibatkan tsunami mencapai ketinggian gelombang hingga 40 meter ini menyebabkan 120 ribu unit bangunan hancur dan ribuan nyawa hilang.

Selain itu tsunami Tohoku juga menyebabkan kegagalan di PLTN Fukushima Daiichi yang berbuntut pada kebocoran bahan radioaktif.

5. TSUNAMI PERU

Pada 1868, gempa terjadi di dekat Arica, Peru dengan kekuatan 8,5 hingga 9,0 SR yang menghasilkan tsunami di daerah sekitar Samudera Pasifik.

Besarnya kekuatan gempa dan tingginya gelombang tsunami yang mencapai 14 meter itu menghancurkan sebagian besar kapal di pelabuhan dan tercatat lebih dari 25 ribu orang kehilangan nyawa akibat bencana tersebut.

Itulah beberapa Tsunami yang pernah terjadi dieropa dan asia, Termasuk negara kita indonesia bahkan sebelum tsunami Aceh terjadi pada era tahun 1883 Gunung karakatau pun pernah membuat luluh lantah bumi Indonesia.

Namun apapun itu semua bisa menjadikan pelajaran buat kita semua. Dan semoga para korban bencana tsunami yang menimpa Palu dan Donggala segera dapat ditangani dengan sempurna Amiinn!.

Sumber : Cewek banget.grid.id

~ SEMOGA ~ BERMANFAAT" ~