Panama1

Ajang piala dunia 2018 yang diselenggarakan dinegri Beruang Merah ( Rusia ) membuat semua negara baik eropa dan asia saling unjuk kebolehan demi bisa tampil berlagak dilapangan hijau dan meraih prestasi. Meski banyak sebagian negara yang gagal dan tidak bisa tampil, Namun kesemuanya akan terus ditentukan setelah 5 tahun sekali.

Bicara soal piala dunia 2018 kali ini saya akan mengulas tentang sebuah negara eropa yang terletak di Amerika bagian tengah, Meski negara ini baru kali ini bisa lolos uji dan akhirnya masuk atau bisa mengikuti acara sepak bola bergengsi atau yang dikenal dengan Piala dunia yang diadakan dinegara Beruang Merah ( Rusia ). Namun Apapun itu tetap menjadi sebuah kebanggaan bagi setiap negara.

Naah!! apa negara yang saya maksud diatas...??? Mungkin anda telah tahu, Atau mungkin belum dan bingung.? 😱😳

Negara tersebut adalah PANAMA. Sebuah negara yang berada di Amerika Tengah , berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudra Pasifik Utara, antara Kolombia dan Kosta Rika . Lokasi yang terletak di ujung timur tanah genting membentuk sebuah jembatan tanah strategis yang menghubungkan Amerika Tengah dan Amerika Selatan . Pada 1999 Panama menguasai Terusan Panama yang menghubungkan Samudra Atlantik Utara melalui Laut Karibia dengan Samudra Pasifik Utara. ( Wikipedia )

Naahh!! asal anda tahu negara ini menjadi negara perdana yang baru atau bisa mengikuti ajang piala dunia 2018 di Rusia. Dan yang unik dari negara ini adalah sempak bola hanya dijadikan sekedar hobi atau olahraga yang tidak bisa diharapkan mendapatkan uang banyak.?? 😱😳

Karena apa di negara Panama jika ingin mempunyai uang yang banyak atau gaji besar, Carilah pekerjaan lain ketimbang harus jadi bintang pemain bola, Meski pun telah menjadi pemain kelas internasional. Seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini Minimnya bayaran pemain bola asal negara Panama.

Ternyata tak selamanya para pemain yang berlaga di piala dunia itu selalu lekat dengan hidup mewah. Mungkin benar untuk pemain yang sudah pernah keluar masuk liga internasional, namun yang hanya bisa bermain di liga lokal tentu beda lagi ceritanya. Seperti yang dialami oleh timnas dari Panama yang harus menelan pil pahit ketika membandingkan gajinya dengan yang lain. 😱😳

Dilansir dari Miror, rupanya seorang pemain Panama membeberkan kalau gaji yang didapat hanya berkisar £ 250 (Rp 4,5 juta) seminggu. Nominal ini tentunya sangat tak ada apa-apanya jika dibanding dengan lawannya, Inggris yang gaji pemainnya bisa mencapai hingga puluhan Miliar. Namun mau bagaimana lagi, memang sudah beda kelas.

Tunggakan gaji merupakan hal yang sering dilihat.

Siapa sangka kalau masih ada masalah lain yang harus dihadapi oleh para pemain Panama meski sudah masuk piala dunia. Ya, tidak hanya gaji yang sedikit juga penundaan diberikan bayarannya. Mirisnya kejadian seperti ini sangat sering terjadi saat liga-liga lokal diadakan dan hampir semua klub melakukannya. Coba kita bandingkan, para pemain dari liga primer Panama harus menerima gaji setiap dua minggu jika itu memang tepat waktu.

Panama2

Sedangkan lawannya waktu itu, pemainnya sudah mendapatkan bayaran selepas tiga jam setelah pertandingan usai. Mungkin benar kalau kesenjangan ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya masalah kemajuan. Namun tetap saja hal ini akan mempengaruhi mental pemain.

Pendapatan jadi kuli bangunan lebih banyak ketimbang pemain.

Salah satu pemain timnas Panama sendiri, Carlos Small rupanya juga sempat menyatakan hal pahit yang harus dirasakan. Dirinya mengatakan kalau bekerja menjadi seorang tukang bangunan, tukang batu bahkan penyanyi lebih menjanjikan ketimbang pemain bola jika ditengok dari gajinya.

Mungkin benar kalau di Indonesia gaji sampai Rp 4,5 juta per minggu itu banyak, namun kalau di sana lain lagi ceritanya. Jadi jangan kaget kalau banyak dari pemain Panama sendiri yang akhirnya meninggalkan profesinya lantaran tak cukup buat kebutuhan sehari-hari. Meskipun status mereka timnas, namun masih banyak yang hidup sederhana. Meski begitu, masuk piala dunia jadi kebanggaan tersendiri bagi para pemain Panama berserta negaranya.

Ya, meskipun jika dibandingkan dengan timnas lain keadan mereka sangat jauh tapi ada satu hal yang harus disyukuri. Setelah sekian lama berusaha, akhirnya Panama bisa tembus ke piala dunia dengan hasil jerih payahnya. Apalagi kalau melihat lawannya adalah tim-tim besar yang bertabur bintang.

Panama4

Jadi kesempatan emas buatnya agar unjuk gigi dalam debutan yang mereka lakukan. Tidak muluk-muluk jadi juara, pasalnya bisa masuk saja sudah menjadi mimpi yang sangat sulit terwujud sebelumnya. Ya, meskipun kemarin dibantai oleh Inggris dengan skor 5-0, namun tetap hal itu jadi kebanggaan tersendiri.

Memang kalau dibanding dengan tim lain, baik secara finansial atau pemain bintang maka Panama sangat kalah jauh. Namun demikian mereka terus berjuang bahkan sampai di piala dunia.

Yaa!! memang sungguh miris dan aneh.....Padahal mata uang disana kalau dirupiahkan boleh dikatakan cukup besar yaa!! Kurang lebihnya hampir sama dengan dollar Amerika yaitu 14217.24 Rupiah...... Untuk 1 Balboanya ( Balboa = mata uang Panama ).....Namun sepertinya olahraga bukan hal yang menjanjikan di negara tersebut.

Kalau anda ingin punya uang banyak jadilah pebisnis atau pekerjaan lain yang jauh dari yang namanya olah raga. Terkecuali anda hobi olahraga terutama sepak bola, Intinya harus ikhlas dan siap hidup apa adanya.

Dan uniknya dari negara Panama ini. Jangan pernah berharap anda mendapatkan uang kertas di negara tersebut. Terkecuali dollar Amerika yang dibawa para turis asing, Warga Panama siang menerimanya & tentunya bila anda menukarnya akan mendapatkan uang coin tanpa adanya uang kertas.

Sumber : Bombastis.com

~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~