Teknologi Smartphone serta tablet mungkin era sekarang lebih canggih ketimbang awal pertama smartphone keluar dan beredar. Baik dari segi penambahan aplikasi, Memori Internal serta Ram.

Perbedaannya seperti apa tentunya anda sendiri pasti sudah tahu bagi pengguna Smartphone dan tablet di era sekarang. Bahkan harga smartphone hampir setara dengan harga laptop dan PC. Tidak seperti era terdahulu Pc serta laptop dari segi harga masih selalu unggul.

Nah bicara soal smartphone serta tablet pernahkah anda menggunakan smartphone atau tablet dengan menggunakan Mouse laptop atau Pc.? Jika belum tahu dibawah ini saya akan mengulas bagaimana menggunakan mouse pada smartphone atau tablet.


Memiliki perangkat dengan layar sentuh memang menghadirkan kenyamanan dalam penggunaan, sebab Anda dapat berinteraksi dengan menu yang tampil dari berbagai area layar perangkat.

Sayangnya, beberapa kasus yang terjadi menyebabkan layar smartphone menjadi kurang responsif, bahkan tidak bereaksi sama sekali saat jari Anda menyentuh dan berinteraksi dengan layar smartphone tersebut.

Jika mengalami hal tersebut, anda dapat menghubungkan Smartphone dengan mouse untuk tetap dapat melakukan navigasi pada Smartphone atau tablet. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan.




1. Karena smartphone umumnya hadir dengan port micro-USB atau USB-C, sebaiknya Anda menggunakan adapter, berupa kabel USB OTG, dari dua port tersebut ke USB standar.

2. Setelah memasang ujung micro-USB atau USB-C di adapter ke perangkat, pasangkan USB standar pada mouse ke ujung adapter lainnya.

3. Umumnya, perangkat periferal akan dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan konfigurasi tambahan.

4. Setelah terhubung, Anda akan mendapati kursor mouse serupa pada PC muncul di layar smartphone. Kursor ini dapat digunakan untuk melakukan navigasi pada antar muka Android layaknya mengetuk layar.



Jika tidak menyukai juntaian kabel, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk menghubungkan smartphone atau perangkat mobile lain via periferal Bluetooth.

Anda dapat menghubungkannya dengan mencari dan memilih nama perangkat di menu Pengaturan Bluetooth pada perangkat Anda.

Namun, sejumlah mouse masih memerlukan dukungan adapter USB untuk menghubungkan dongle Bluetooth dengan perangkat.

Nah bagaimana tertarik ingin mencoba..Namun kalau menurut hemat saya sebaiknya Smartphone anda mempunyai layar ukuran 5,5 keatas. Meski pada prateknya ukuran layar 4,5 pun tidak masalah, Namun jika tidak biasa akan berkesan memaksakan.



Source : Medcom.id


~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~