Haaloo!! Haaaiiii!!....Haaloo! Para Blogger, Dasar suueee luh! 🤣 🤣 Ok dipengujung akhir tahun 2021 ini saya akan menuliskan tentang kilas balik selama tahun 2021 dari awal Januari hingga bulan desember dipengujung akhir tahun 2021 ini...Oiya apa judul diatas sesuai dengan apa yang saya tulis? Sesuai atau tidaknya bodo amatlah kan yang terpenting menulis.🙄 🤣 🤣 🤣 🤣 🤣 Baik kita lanjut, Tentunya selama tahun 2021 banyak kejadian yang saya alami selama menjadi seorang blogger, Dan ada senang tapi ada susahnya juga.

Dan kilas balik yang akan saya ulas mungkin tidak semuanya detail akan saya beberkan pada blog ini. Karena selama tahun 2021 sebagai seorang blogger, Saya hampir jarang menulis dan Blogwalking. Jadi kesenangan dalam dunia menulis hampir jarang saya dapati selama tahun 2021, Akan tetapi sebagai seorang blogger saya menikmati itu semua dengan ikhlas meski dipertengahan tahun 2021 banyak ganjalan yang saya hadapi selama menjadi seorang blogger. Dan seperti apa ganjalan yang saya hadapi selama menjadi seorang blogger? Tentunya itu yang akan saya ulas pada blog ini. Karena hanya sedikit hal kesenangan yang saya dapat selama tahun 2021, Jadi saya akan lebih banyak mengulas tentang ganjalan yang saya hadapi selama menjadi seorang blogger di tahun 2021 ini. Ada dua ganjalan atau masalah selama saya menjadi seorang blogger di 2021, Seperti apa berikut dua dibawah ini.👇👇


MASALAH KE 1.

Ganjalan atau masalah saya yang pertama adalah, Ada empat orang blogger yang mengatakan saya 'Somse', Dan tak mau kenal lagi katanya.😳😳 Selain itu katanya lagi dalam hal blogwalking saya tembang pilih dan hanya mengunjungi blogger tertentu saja. Padahal sebenarnya tidak demikian, Bahkan selama dari bulan Agustus 2021 saya hampir tidak pernah yang namanya blogwalking terkecuali ada blogger yang singgah keblog saya, Barulah saya yang akan berkunjung balik keblognya.

Kejadian ini terus terjadi dari bulan September hingga Desember. Karena hanya hal sepele dan saya tak mau terbebani dengan hal demikian sayapun sempat mengabaikannya namun apapun itu, Semua tetap akan jadi ganjalan bagi saya. Beruntung dari keempat orang blogger tersebut mau atau sering mengitimidasi saya lewat inbox. Akhirnya mau tak mau semua itu memang harus saya selesaikan. Dan saya berikan penjelasan secara detail dan jujur.

Akhirnya satu persatu keempat para blogger itu saya beri arahan dan pengertian secara jujur tanpa ada yang saya sembunyikan dan sayapun bersyukur mereka mau memahaminya meski saya sendiri tidak tahu apa yang ada dipikirannya yang sesungguhnya. Tetapi intinya saya sudah menjelaskan dengan yang sejujur-jujurnya. Percaya atau tidaknya sayapun tak mau ambil pusing karena berteman dalam dunia maya, Terkadang bisa menyenangkan dan bisa pula menjadi petaka.

Namun kini semuanya dimata saya ganjalan serta masalah yang saya rasakan sudah selesai dan damai.


MASALAH KE 2.

Ganjalan atau masalah yang kedua, Ini boleh dikatakan lebih menyebalkan dari yang pertama. Bahkan kejadian ini terjadi dari bulan maret hingga bulan desember. Dan selama 9 bulan tersebut saya selalu berhadapan dengan Blogger-blogger kridit yang berjumlah 7 orang, Parahnya lagi menjelang akhir bulan October sampai Desember jumlah blogger kridit menjadi bertambah diangka 11 orang...Woow! Angka yang cukup untuk menjadikan satu team sepak bola.





Lalu apa yang dimaksud dengan blogger Kridit? Blogger kridit yang saya maksud disini adalah blogger yang suka pinjam uang dengan iming-imingan, Atau jaminan blog yang katanya sudah seo ada iklan serta berdomain dan tentunya berpenghasilan pula. Namun selain blog sebagai jaminan, Tentunya masih banyak janji-janji manis yang biasa blogger kridit ungkapkan apabila butuh pinjaman. Seperti berjanji dengan membawa-bawa nama Allah ataupun nabi. Bahkan ada pula yang menjadikan Laptop sebagai sarana untuk meminjam uang. Huuffs! luh kira gue bank, Atau tempat penggadaian.

Lalu apakah kesebelas blogger kridit itu dikasih saat ia meminjam uang? Meski dengan segala macam cara yang ia lakukan... Tentu tidak, Karena saya tak ingin termakan iming-iming bujuk rayu seperti pada era tahun 2017, Yang mana pada saat itu ada seorang blogger kridit yang sangat amat membutuhkan uang. Ia berdalih ingin meminjam uang kepada saya dan dalam tempo 3 bulan akan terganti atau akan terlunasi dengan jaminan 2 buah blog yang katanya seo dan berpenghasilan, Namun pada kenyataannya uang tersebut tak pernah tergantikan sampai tahun 2020.😳😳

Jadi sejak tahun 2021 sejak bulan maret hingga sekarang ini. Berbagai alasanpun saya buat manakala saya didatangi oleh blogger-blogger kridit secara tak terduga... Meski Faktanya memang saya tidak punya uang, Seandainya adapun saya sudah kapok, Apapun alasannya saya tetap tidak mau ambil pusing dan berkesan tidak perduli lagi. Karena banyak pula urusan serta tanggung jawab yang lebih penting bagi saya dalam hal mengeluarkan uang.

Lalu mengapa kesebelas para blogger kridit itu mengandalkan anda dalam hal meminjam uang? Dan mengapa tidak keblogger sultan saja, Yang dengan mudah bisa cepat merealisasikan dalam hal pinjaman uang...Soal itu saya tidak tahu, Kesebelas blogger kridit itu menjadikan saya tempat untuk meminjam uang karena mereka masih ada hubungan teman dengan blogger kridit yang saya kasih pinjaman uang pada era tahun 2017 lalu...Dalam artian masih satu komplotan. Namun bedanya mereka melakukan itu pada era tahun 2021.. Beda orang, Beda pula tanggal serta bulannya.

Tetapi saya juga tetap bersyukur karena kesebelas blogger kridit tersebut, Mau mengerti serta memahami manakala peminjaman uang tersebut tidak saya turuti, Karena apapun alasannya saya sudah trauma dalam hal meminjamkan uang kepada teman atau sahabat yang berada didunia maya, Baik yang berada di Jabodetabek, Maupun diluar Jabodetabek.

Bukankah setiap sifat orang berbeda-beda bisa saja dari kesebelas blogger kridit itu ada berapa yang jujur dan memang benar-benar butuh uang, Lalu menggantinya secepat mungkin.

Benar, Tetapi dalam hal ini saya cuma ingin tegas dan tak mau plin-plan, Apapun alasannya, Selain itu saya juga bukan orang yang mampu dan selalu siap apa bila ada orang yang ingin meminjam uang. Karena secara pribadi dalam lingkungan kehidupan saya sehari-hari saya juga sering mengalami yang namanya kekurangan uang.

Apa yang menyebabkan anda mau meminjamkan uang pada era tahun 2017 pada blogger kridit yang pertama? Ceritanya seperti ini.👇👇

Era tahun 2017 komunitas blogger Mwb telah benar-benar menutup layanannya, Dan mau tak mau sayapun kembali menulis diblogspot lagi. Dan pada masa itu diblogspotpun banyak pula blogger-blogger pendatang baru, Dan mungkin termasuk saya. Dalam hal ini sayapun ingin memperbanyak teman dengan rajin yang namanya blogwalking. Singkat cerita saya kenal seorang blogger yang mengulas tentang dunia keuangan serta trik dan tips membuat blog menjadi seo. Tanpa saya sadari sayapun mulai terlihat akrab dengannya. Begitupun dengan dirinya.

Pertengahan tahun 2017 secara mendadak iapun berniat meninjam uang kepada saya dengan alasan ada kebutuhan mendesak untuk biaya kuliah dan memperbaiki laptopnya yang rusak. Iapun menjaminkan 2 blognya kepada saya, Dan mengatakan bahwa blog tersebut sudah pernah menghasilkan uang dari adsense 3 kali. Dan apabila dalam 3 atau 4 bulan ia tidak bisa mengembalikan uang saya. Blog yang ia miliki akan menjadi milik saya, Begitu katanya dengan penuh percaya diri.

Bahkan ia masih tinggal dikawasan Jabodetabek, Dan apa bila saya mau meminjamkan uang ia yang akan menemui saya, Atau datang ketempat saya tinggal. Awalnya saya ragu namun pas bertemu disebuah mall entah mengapa saya jadi iba terhadapnya. Karena ia harus mencari uang untuk bapaknya yang sakit, Sedangkan ia masih kuliah. Akhirnya sayapun percaya padanya dan bersedia meminjamkan uang kepadanya.

Sebulan telah berlalu, Sayapun masih bisa berkomunikasi dengannya. Bahkan masih bisa ngeblog bareng dengannya. Akan tetapi dua bulan telah berlalu iapun sudah jarang ngeblog. Dan sulit untuk dihubungi, Sekalipun bisa ia hanya mengatakan laptopnya masih ditukang service. Sayapun menyarankan untuk ngeblog lewat ponsel. Tetapi ia berdalih tidak biasa jika ngeblog lewat ponsel.

Dan pada akhirnya janji tinggalah janji, 4 bulan telah berlalu ia tak pernah ada kabarnya lagi. Bahkan kedua blognya pun yang katanya akan ia jadikan jaminan kesaya tidak ia perpanjang domainnya. Akhirnya blog itupun hangus tanpa ada kejelasan yang pasti dari sang empunya. Sayapun akhirnya mencoba mencari tahunya alamatnya yang pernah ia ceritakan sewaktu awal bertemu dengannya. Karena masih dikawasan Jabodetabek mudah bagi saya untuk menemukan alamatnya.

Akan tetapi ternyata alamat yang ia berikan kepada saya ternyata bukan murni tempat tinggalnya. Melainkan tempat saudaranya, Sedangkan ia berasal dari pulau jawa yang hanya baru setahun menetap di Jakarta. Bahkan saudaranya pun berkata bahwa orang yang saya cari itupun banyak hutang terhadap dirinya, Selain itu iapun sudah putus kuliah, Dan ke Jakarta hanya untuk mencari pekerjaan saja. Sayapun nampak kesal dan geram namun semuanya telah terjadi. Bahkan saudaranya sendiripun nampak sudah pasrah, Iapun berkata kepada saya. Jika saya tidak percaya terhadapnya silakan saja setiap hari datang kerumahnya untuk memastikan orang yang saya cari.

Sejak saat itu sang blogger kridit itu hilang bersama dua blognya bah ditelan bumi...Dan sayapun akhirnya mengikhlaskan semuanya. Bahkan saudaranya sendiri juga berharap kepada saya jika bertemu dengan sang blogger kridit harap selalu menghubunginya karena sang blogger kridit itu masih banyak punya sangkutan terhadapnya...Tiga tahun telah berlalu siapa sangka diawal tahun 2020 sang Blogger kridit itupun menginbox saya melalui Facebook, Dan meminta nomor rekening saya, Karena ia ingin mentransfer uang kepada saya. Dan sialnya uang yang ia transfer kepada saya cuma 200 ribu rupiah. Karena sudah mengikhlaskannya, Saya justru lebih ingin bertemu dengannya untuk menyeret ia kerumah saudaranya. Tetapi ia tetap menolak untuk bertemu dengan saya, Dengan alasan berada disuatu tempat yang jauh dari kota Jakarta.

Berbagai makian saya lontarkan terhadapnya, Namun hanya kata maaf yang bisa ia ucapkan. Selain itu ia berkata kepada saya...Bahwa dunia sudah kacau, ditambah lagi ancaman virus Corona yang sangat ganas. Dan semuanya membuat kehidupannya pailit. Karena alasan yang ia katakan tidak masuk diakal dan persis orang frustasi sayapun akhirnya memutuskan pembicaraan via ponsel dengannya. Dan sampai sekarang si blogger kridit tak pernah terdengar lagi kabar serta namanya.

Demikianlah sedikit ulasan tentang seorang blogger kridit yang ingkar janji. Sejak itu, Kejadian yang saya alami diera tahun 2017 menjadikan pelajaran yang berarti bagi diri saya dan karna itu pula saya selalu berpikir dua atau tiga kali apa bila ada teman atau sahabat didunia maya yang ingin meminjam uang dengan berbagai macam alasannya. Termasuk kejadian yang terulang kembali pada tahun 2021 sekarang ini yang saya jadikan untuk penutup tulisan diakhir tahun.

Dan sekedar mengingatkan kepada anda biasakanlah hidup untuk jauh dari yang namanya menghutang. Jika memang terpaksa perhitungkanlah kemampuan diri anda agar bisa dan mampu untuk melunasi hutang tersebut... Dan jangan pernah berpikir urusan bayar mah gampang, Yang terpenting ambil aja dulu, Tapi jika ingin anda merana yang terserah saja.

Sebagai contoh kejadian yang saya alami dengan seorang blogger kridit pada tahun 2017...Ia seorang blogger yang ahli dalam menulis tentang bisnis dan keuangan serta mengatakan bahwa dirinya ahli dalam hal Seo, Bahkan pada blognya ia pernah menulis bagaimana cara mengatur uang dengan bijak..😳😳 Namun pada kenyataannya cuma karena tak punya uang iapun akhirnya tergiur juga dengan yang namanya hutang, Dan tanpa pernah memperhitungkan kemampuan dirinya sanggup atau tidaknya untuk melunasi hutang tersebut...Lucunya lagi ahli Seo akhirnya malah keseleo cuma karena hutang, Yang ujung-ujungnya membuat ia serta blognya ikut merana.🤣 🤣



~SEMOGA~BERMANFAAT~